Sabtu, 23 Maret 2013

Lentho


Assalamualaikum, Selamat siang mbak mbak Trio TAH dan NCCers semuanya,

Mau ikutan laporan supaya dapet badge *sambil berdoa semoga dapet badge beneran
Kali ini saya mau laporan tentang Lentho.

Lentho itu cuma campuran singkong parut,kelapa dan yg spesialnya ya kreyes2 kacang tolo nya itu..(belum sempet nyari di om gugel juga asal muasal makanan ini) yang saya tau adalah makanan khas solo karena saya waktu kecil sering dibuatin sama tante yang asli solo kalau lagi berkunjung ke rumah kami.

Gara-gara JTIW, saya akhirnya telepon tante untuk tanya cara buatnya dan instruksi dari tante pakai ilmu kira2 alasannya orang jaman dulu mana kenal timbangan apalagi cuma bikin lentho

#harap dimaklumi ya mbak mbak trio TAH karena baru belajar banget masak.

Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya:

LENTHO - (semua pakai ilmu kira2)

Bahan:
1kg Singkong dicuci bersih dan diparut
1/2 butir kelapa tapi jangan tua, diparut
1sdk teh gula pasir
1/2sdk makan garam
2-3 ons kacang tholo yang sudah direndam semalaman
Minyak untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
3butir bwng merah
4butir bawang putih
1sdk makan ketumbar
1 ibu jari kencur, kira1 1 1/2cm (kalau saya bikinnya agak banyak kencurnya karena semakin sedappp baunya)

Cara membuat:
  1. Kacang tholo ditiriskan terus di tumbuk kasar, kalau saya sih cukup pakai ulekan aja jadi masih ada yang bulat-bulatnya karena tidak ancur semua,
  2. Kemudian campur semua bahan dan dibentuk bulat-bulat seperti bentuk combro
  3. Panaskan minyak, dan goreng hingga kecoklatan

Paling mantap kalau dimakan sore2 sambil ngeteh atau ngopi tubruk dan gerimis-gerimis atau buat lauk dicampur nasi panas yang kepul kepul itu...

Salam jajanan nusantara,
Arini - Cibubur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar