Sabtu, 23 Maret 2013

Srikayo






Hai Trio TAH, moga ga bosen ya saya laporan terus :D
Ini laporan yang ke 10.
Saya dulu cuma seneng bikin cake, cupcake, mousse, dan sejenisnya.
Soalnya merurut saya lebih gampang dan asik decornya (padahal suka bantet n ga bagus dekornya, hehehe)
jadi JTIW ini sarana saya belajar kue tradisional, soalnya jaraaaaaang sekali saya buat kue tradisional, soalnya udah apal belinya dimana yang enak di Bandung sini.
Ternyata bikin kue tradisional itu menyenangkan dan membawa nostalgia masa kecil ^^
Meski masi takut kalo disuruh bikin bika ambon :D..
Dan karena event ini saya jadi bisa bikin santan manual, qiqiqi, biasanya pake yang kemasan selalu. tapi yang ini juga pake kara sih, kehabisan kelapa :p

Kue ini merupakan kue tradisional Sumatera Selatan yang enak, manis, dan lembuuuttt
Berikut resepnya dari Sajian Sedap ya

Srikayo
3 butir telur
125 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa (pake kara campur air)
25 ml air daun suji ( dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan ) (pake 1 sdt pasta pandan)
25 gram tepung terigu protein sedang
1 tetes pewarna hijau tua (ga pake)



Cara membuat:
  1. Kocok lepas telur, gula pasir, dan garam sampai larut. Sisihkan.
  2. Aduk rata santan, air daun suji, tepung terigu, dan pewarna hijau. Tuang ke dalam kocokan telur sambil diaduk rata.
  3. Tuang dalam mangkuk  tahan panas diameter 8 cm tinggi 4 cm yang sudah diolesi minyak . Kukus 45 menit diatas api kecil sampai matang.
 Untuk 4 porsi

Salam,
Intan Permatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar