Sabtu, 23 Maret 2013

Ketan dan Kolak Pisang Ubi







Dear Trio TAH,

Sebenarnya masih malu-malu mau untuk ikutan event ini, secara masih ABG b ( banget :D)
tetapi kebetulan ada tetangga mau bikin sedekahan atau bancakan untuk peringatan tujuh bulanan.
Saya kebagian untuk membuat ketan+kolak pisang ubinya.Minus si Apem karena si yang punya hajat mau beli jadi saja.
Perpaduan makanan ini, (ketan kolak apem) harus ada dalam printilan bancakan untuk setiap perayaan/peringatan di Jogjakarta.
7 bulanan (mitoni), mantenan (pernikahan), Nyadran atau peringatan kematian.
Kolak pisang dan ubi ini adalah favorit saya sejak kecil,paling seneng ketika di ajak Ibu saya "rewang" atau bantu-bantu tetangga yang punya hajat.
Karena nantinya bisa nyemilin sisa (kuah) dari kolak ini, karena yang di takir cuma ubi n pisangnya saja dengan kuah yg sedikitttt karena takut tumpah klo kuahnya kebanyakan... :), saya hanya seneng pisangnya saja. Karena rasa kuahnya benar-benar masuk meresap sampai dalam...ubinya ga suka.. :D
Dulu, saya cukup tergelitik juga, ketika saya hidup di desa daerah Bantul bagian selatan. Dimana masyarakat disana kental banget dengan tradisi jawa.
kenapa harus pake si ketan kolak dan apem ini, sebagai menu wajib. Karena masyarakat di Jawa, terutama Jogja kadang tradisi seperti ini, ada yang menganggap sebagai musyrik.
Akhirnya pencarian saya terhenti di sini http://epress.anu.edu.au/islamic/reformist/mobile_devices/ch05s04.html, bukan hanya ketan kolak apem saja,ada makna tumpeng, ingkung dsb....
Berikut copasnya.. :)
The purpose of praying is provided by three other ritual foods. These are apem, kolak and ketan, all of which are said to have originated from Arabic. Kolak is from kolakqun or speech, apem from afuun or to ask forgiveness and ketan from kotokanor mistake. [25] Together, they create a message, 'to utter words (prayers) asking forgiveness (of Allah) for all sorts of faults (that the host has committed)', one of the highly recommended deeds that Muslims are asked to do.

Berikut ini resep untuk ketan & kolak ubi pisang

Metode cemplang cemplung karena saya bikin ini duet dengan ibu saya.
Ini resep yang saya pakai tadi untuk kolaknya, jadi apabila ingin membuat dengan jumlah tertentu, dikonversikan sendiri ya..
 
Kolak Pisang & Ubi

Bahan :
Ubi jalar 4 kg
Pisang Raja 2 sisir
1 liter santan kental dari 2 butir kelapa
1 kg gula jawa kualitas bagus
Jahe 2 ruas
3 batang serai memarkan
Cengkeh secukupnya

Cara membuat:
  1. Kupas dan potong2 ubi, rendam dalam air kapur sirih semalaman.
  2. Larutkan gula jawa dengan setengah bagian santan,bersama dengan kayu manis, sereh dan jahe.
  3. Setelah gula larut, masukkan sebagian santan kental lagi. masak sampai kental,baru masukkan ubi, setelah ubi matang, angkat, dan sisa kuah kolak untuk masak pisangnya...
  4. Masak sampai pisang matang, angkat.

Resep Ketan

Bahan :
4 kg ketan
2 liter santan dari 4 butir kelapa
Garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Ketan di cuci bersih,kemudian di kukus, sampai setengah matang ,kemudian di siram air mendidih sambil di aduk2 sampai setengah warna ketan berubah menjadi bening,.sampai merata, ulangi proses ini 30 menit berikutnya sampai ketan benar2 matang, 
  2. Campur santan dengan garam, aroni ketan yang sudah matang dengan campuran santan dan garam..kemudian kukus kembali ketan sampai benar2 tanak. 

Berikut ini penampakan si ketan kolak ubi.maaf seadanya karena buru-buru berangkat kerja, 

Salam ketan kolak
Arfie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar