Kamis, 11 April 2013

Bolu Kemojo







Dear hosts, laporan last minute nih..
Baru semalam kepikiran, paginya langsung beli-beli bahan, eksekusi, trus foto-foto deh. Untungnya jajanan ini bikinnya gampang, dan bahannya juga sederhana.

Ceritanya, habis jalan-jalan di blognya ncc jtiw. lhaa ternyata jajanan dari kota asalku, Pekanbaru, baru ada satu. Kepikiranlah untuk bikin bolu kemojo ini, panganan yang jadi ciri khas dan oleh-oleh dari kota Pekanbaru. Kalau sedang ke Pekanbaru saya masih suka beli, favorit saya yang rasa jagung. Karna memang, bolu kemojo ini sudah sedemikian berkembang sehingga ada banyak pilihan rasa, yang dulunya hanya pandan, sekarang sudah ada rasa jagung, durian, bahkan coklat.

Oiya, Kenapa disebut bolu kemojo saya juga tidak terlalu mengerti. Tebakan saya, mungkin karna bentuknya yang agak menyerupai bunga kemojo atau kamboja, kali yaa.. (bisa benar atau tidak, namanya juga menebak-nebak :)) Jadi, adonan bolu kemojo ini decetak di loyang khusus yang berbentuk bunga itu. Dimatangkan dengan melakukan pemanggangan memakai api atas dan bawah. Sehingga hasil yang didapat adalah garing, dan agak sedikit gosong diluarnya, sedangkan bagian dalamnya bertekstur padat tetapi lembut.

Bolu Kemojo
sumber: distan.riau.go.id

Bahan-bahan :
  1. Telur ayam 6 butir
  2. Santan 3 gelas ditambah air pandan
  3. Margarin 250 gram
  4. Tepung segitiga 300 gram
  5. Gula 250 gram garam 1/2 sendok teh
  6. Vanili secukupnya
Cara membuat :
  1. Telur dan gula diaduk;
  2. Masukan santan, tepung, dan margarin cair, aduk sampai rata;
  3. Panaskan cetakan;
  4. Tuangkan adonan kedalam cetakan dan dioven selama 45 menit pada suhu 175 derajat Celcius, dengan panas yang merata di atas dan bawah
* Saya menggunakan setengah dari resep di atas, dengan mengganti air pandan dengan 3 tetes pasta pandan. Berhubung saya gak punya cetakan aslinya bolu kemojo, saya hanya gunakan loyang pie mini dan loyang alumunium foil. Hasil jadinya sudah cukup banyak, yaitu 10buah loyang pie mini, 3buah alumunium foil ukuran 5x10cm.
------
Estie Dewo
www.dewoscake.blogspot.com

2 komentar:

  1. Kalau yang pakai jagung gimana mbak ? Pakai tepung jagung atau jagung manis ?

    BalasHapus
  2. Kalau yang pakai jagung gimana mbak ? Pakai tepung jagung atau jagung manis ?

    BalasHapus