Kamis, 11 April 2013

Martabak Bangka


martabak bangka

Halo host JTIW dan teman-teman semua. Laporan yang ke 2 nih sebelum ditutup :-D.  Saya ingin menambahkan jajanan tradisional khas dari Bangka lagi yaitu martabak bangka. Martabak Bangka merupakan salah satu makanan khas Bangka yang cukup terkenal. Rasanya hampir di semua daerah ada jajanan satu ini.

Dan ini juga mengingatkan saya akan alm. Ibu saya. Hampir setiap malam Minggu, Ayah saya membeli ini untuk kudapan kami. Setiap membeli, Ibu saya selalu berpesan kepada penjualnya “Bikin agak gosong ya, biar garing pinggiriannya”. Itulah kesukaan Ibu saya. Sayang saya tidak sempat membuatkan ini untuk Ibu saya. Waa.. jadi curcol nih… Maaf ya..

Dari berbagai resep yang pernah saya coba, resep ini yang paling pas (ini menurut saya loh :-D). Resep dari Retno Harnita
Semoga berkenan yaa… :-)

Bahan A:
125 gr Terigu serba guna
175 ml Air
25 gr Gula Pasir
¼ sdt Baking Powder
¼ sdt Garam
½ sdt Ragi Instant
 
Bahan B :
2 butir telur
25 gr Gula Pasir
1/8 sdt soda kue
 
Bahan Topping :
·         Gula pasir
·         Margarin/Mentega
·         Keju/Coklat/Kacang/Selai/Pisang/Jagung atau yang lainnya sesuai selera
·         Susu kental manis
 
Cara Membuat :
  1. Mixer/kocok semua bahan A kecuali ragi sampai lembut, masukkan ragi instant, aduk rata, tutup dan diamkan 1 jam sampai adonan mengembang.
  2. Ditempat terpisah, kocok lepas semua bahan B menggunakan garpu. Kemudian campurkan ke adonan A, aduk rata, tutup dan diamkan 10 menit sampai adonan berlubang-lubang.
  3. Panaskan loyang martabak/panci anti lengket, oles dengan margarin/mentega.
  4. Tuang adonan sampai ½ atau ¾ loyang, ratakan, tutup sampai ½ matang.
  5. Taburi gula pasir, tutup lagi, sampai permukaannya mengering dan bagian luar kecoklatan, angkat dan pindahkan ke tempat rata. Belah 2 sama rata, olesi margarin/mentega selagi panas, taburi bahan isian sesuai selera, tuang susu kental manis.

Catatan:
  1. Jika cuaca panas, dalam waktu 30 menit adonan A sudah mengembang.
  2. Martabak bangka tidak harus dibuat menggunakan loyang khusus martabak, tapi dapat juga dibuat menggunakan panci anti lengket diameter berapa pun, cetakan kue lumpur, cetakan serabi ataupun cetakan lainnya, yang penting DITUTUP saat proses memasaknya.
  3. Air dapat diganti dengan susu segar atau santan.

Salam Martabak,

Yulita Arizona
FB: Yulita Arizona

1 komentar: