Kamis, 11 April 2013

Cireng Bumbu Kacang



Alow trio tah,

Di penghujung waktu ini, ga mau ketinggalan ikutan event yang sangat bergengsi, sebenernya banyak banget yang pengen disetor tapi karena selalu ga punya kesempatan untuk mengerjakannya atau ga punya kesempatan cari bahanya sampe pada akhirnya tak terasa sudah sampe penghujung waktu.
Bahanpun sudah disiapkan tapi apa daya keterbatasan waktu yang saya punya membuat saya hanya bisa menyetor jajanan tradisional Indonesia yang sangat mudah sekali membuatnya.
Makanan ini berasal dari Jawa Barat, cireng artinya aci digoreng ( aci yaitu tepung kanji) Saya membuat versi original yaitu menggunakan bumbu kacang karena dalam perkembangannya kini cireng ini diisi dengan berbagai varian yang modern seperti sosis pedas, ayam pedas, kornet, keju dan lain lain
Ini dia resepnya cireng ala rani

Cireng bumbu kacang

Bahan:
Tepung kanji/sagu tani 250 gram
Air panas ± 150 ml
2 helai daun bawang diiris halus
Garam
Kaldu bubuk
Lada halus

Cara membuat :
Seduh tepung kanji yang sudah diberi garam, kaldu bubuk, lada halus, irisan daun bawang dengan air panas aduk2 hingga merata dan kalis pada waktu mengaduk bisa menggunakan sendok kayu setelah itu diteruskan menguleni dengan tangan setelah itu bentuk bulat pipih. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang.

Bumbu kacang :
100 gram kacang tanah digoreng
Cabe rawit merah
garam
Gula merah

Semua bumbu dan kacang dihaluskan beri sedikit air matang hingga bumbu kacang menjadi kental

Salam,
Rani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar