Kamis, 11 April 2013

Donat Mini







Sugeng dalu Trio Host TAH...
Akhirnya memberanikan diri untuk laporan di ncc online week event kali ini, setelah melewatkan beberapa event terlewatkan dengan gigit loyang.
Alhamdulillah kali ini kekuatan besar memberanikan diri memberikan laporan PERTAMA saya sejak bergabung, meskipun jajanan ini jajanan sederhana, yang saya buat saat bangun tidur siang tadi, berhubung suami sedang bolos kerja karena sakit, dan dapat dipastikan akan mencar cari makanan, maka saat dia masih terlelap sayapun pergi ke dapur kecik saya, ambil bahan dan ngutak atik telur. Jadilah donat mini ini. Eh eh tapi donat itu sebenarnya saya ndak tau loh aslinya dari mana, yang jelas ini Favorit saja kalau pas dirumah orang tua. Dulu saat kecil Ibu sering buat donat mini ini dengan alasan biar bisa dinikmati oleh khalayak ramai, karena rumah ibu jaman dulu di kost kan untuk anak anak praktek. Enak sekali kalo masih anget anget.

Donat Mini

Resep asli dari Ibu Kustanti (Ibu saya)
Tapi saya modifikasi

Bahan:
700 gr Tepung Terigu Pro Sedang (saya pakai 500 + 200 tepung kentang)
100 gr gula pasir
11 gr fernipan atau 1 sachet kecil
3 butir kuning telur
250 ml air
75 gr Margarin
Secukupnya garam
Minyak dan margarine secukupnya untuk menggoreng

Topping:
Gula Donat, atau Gula dingin atau Gula Salju

Cara Membuat:
  1. Aduk bahan kering, tepung, gula, dan fernipan, buat lubang ditengahnya.
  2. Masukkan kuning telur ditengahnya, lalu 150 ml air dulu, adoni sampai setengah kalis, tambahkan sisa air sedikit demi sedikit jika dirasa kurang.
  3. Tambahkan garam dan margarine adon sampai kalis elastis. Lalu diamkan kurleb 20 menit.
  4. Buat bulatan kecil kecil lalu diamkan lagi sampai mengembang kurleb 20menit.
  5. Panaskan minyak goreng campur dengan sedikit margarin
  6. Buat lubang pada adonan yang telah mengembang dengan sumpit sesaat sebelum menggoreng. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan
  7. Saat masih hangat lumuri dengan gula dingin, 
  8. Siap disajikan sesuai selera.

Sekian laporan pertama di event ini.
Maaf fotonya kelebihan dikit, kalo dikecilkan lagi gambarnya pecah....
Moga2 tak kena centhong

Tri Murniasih Rizki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar