Kamis, 11 April 2013

Kue Angka 8 (Karakeling)

 
Dear Ibu ibu Host,

Jujur aja agak sedikit ga pede mau ikutan, maklum abg 1 bulan yg benar2 baru belajar di dunia perkuehan...:)
Kue ini ada juga yang menyebutnya karakeling, yang saya tahu asalnya dari Sipirok, Tapanuli Selatan, yaitu daerah asal kedua ortu saya. Dahulu ketika masih kecil saya dan sepupu -sepupu biasa mencicipi kue ini di rumah almh.oppung saya (nenek)terutama ketika lebaran.Sayang sekali sekarang jarang bgt ketemu kue ini lagi. Paling kalau ada teman atau saudara yang lagi pulkam.
Ketemu resep ini udah sekitar 3 bln yang lalu.
Tapi baru eksekusinya tadi malam, mumpung ada event JTIW ini.
Berikut resepnya:

Kue angka 8/Karakeling

Bahan : 
300 gr Tepung ketan
4 butir telur ayam
1/4 sdt garam
Minyak utk menggoreng

Cara membuat :
Kocok telur dengan mixer hingga mengental.Matikan mixer, masukkan tepung sedikit demi sedikit.Hentikan penambahan tepung bila dirasa adonan sudah cukup kalis dan dapat dibentuk.
Pilin adaonan dan bentuk menjadi angka delapan.
Masukkan dalam minyak dingin, goreng hingga matang.
Setelah dingin masukkan kedalam adonan besta

Besta :

200 gr gula pasir
100 ml air
1 sdm minyak

Cara membuat : 
Panaskan minyak, masukkan gula pasir dan air, aduk hingga kental dan berambut.

Kue ini seharusnya bersalut besta,tapi disini saya taburi gula halus saja sudah ok kok
Silahkan dicoba.....

Regards
-Dina-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar