Sabtu, 16 Maret 2013

Srintil


Dear host NCC-JTIW TAH yang cinta jajan pasar....
 
Saya ikutan nyetor ya? ikutan memeriahkan NCC Jajanan Tradisional Indonesia week. Jajanan yang saya bikin adalah jajanan tradisional khas Pekalongan namanya Srintil terbuat dari tepung srintil. Sebenarnya saya penasaran pengen sekali mencari informasi yang tepat tentang tepung srintil ini, rencana pengen ketemu penjual tepung srintil ini pengen tahu sebenarnya tepung ini terbuat dari apa. Maklum tepung srintil yang saya buat dapat oleh-oleh dari adik sepupu saya yang berasal dari Pekalongan lalu saya olah sendiri dengan resep yang berasal dari Tante saya yaitu Tante Ida. Menurut tante saya tepung ini terbuat dari singkong atau tepung gaplek tapi beliau masih ragu-ragu juga. Jajanan ini mirip dengan ongol-ongol, kenyal, legit gula merah, wangi pandan, gurih taburan kelapa agak muda diparut memanjang dicampur dengan garam. Perbedaannya hanya di tekstur tepungnya kasar dan berbutir-butir. 
 
Sekilas menurut cerita orang tua asli Pekalongan "jajanan srintil" ini sebenarnya dibikin dalam rangka acara balita yang baru belajar jalan, biasanya orang tua si balita tersebut membuat srintil di dapurnya sendiri lalu dibagikan tetangga-tetangga dan saudara dekat. Agar si balita tersebut jalannya "semrintil" bahasa Indonesianya "lancar". Resep Srintil ini mudah, tapi bahan tepungnya yang agak sulit kita temukan. Semoga di Jakarta saya bisa menemukan tepung srintil ini.

SRINTIL
Jajanan Tradisional Indonesia
Resep : Tante Ida
 
Bahan-bahan:
1 kg tepung srintil
700 ml air
150 gram gula merah disisir
100 gram gula pasir (sesuai selera)
1 sdt garam
2 lembar pandan
 
Bahan taburan (aduk rata dan kukus):
1/2 butir kelapa agak muda parut memanjang
garam secukupnya
 
Cara membuat :
·         Rebus gula merah, gula pasir, garam, garam dan pandan sampai mendidih 
·         lalu saring.
·         Tuang sedikit-sedikit tepung srintil sambil diaduk-aduk sampai rata
·         Masak hingga mendidih dan kental
·         Tuang ke dalam loyang yang sudah dibasahi dengan air, dinginkan.
·         Potong-potong sesuai selera 
·         Sajikan dengan taburan kelapa parut
 
Selamat mencoba dan selamat menikmati Srintil, yuk kita lestarikan jajanan Tradisional Indonesia.

Salam kuliner tradisional Indonesia
Maya Efendy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar