Jumat, 22 Maret 2013

Pisgor Sambal Roa



Selamat malam para host njtiw....
Laporan pertamaku ini adalah makanan kesukaanku semasa kecil yaitu pisang goreng dengan sambal roa.Mama selalu bikin kudapan ini bila ada stock ikan roa dirumah oleh-oleh dari saudara yang tinggal dimenado yang datang berkunjung ke jakarta.
Ikan roa ini dibuat dari ikan terbang(garfish)yang diasapi supaya lebih awet,karena kadar airnya telah berkurang akibat proses asap tersebut.Bentuknya kecil dan panjang,warnanya kecoklatan dengan bercak bercak hitam karena asap.Ikan roa ini rasanya cenderung tawar dan biasa digunakan untuk sambal ataupun bahan penyedap dalam masakan,karena aroma asapnya yang khas.
Buat yang pertama kali merasakan mungkin akan terasa aneh,ko makan pisang goreng pake sambal tetapi setelah mencoba pasti akan ketagihan apalagi buat penyuka sambal.
Berikut resepnya....
Pisang goreng
Bahan:
7 buah pisang kepok/pisang tanduk
200 gr tepung beras
75 gr tepung kanji
3 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
Minyak untuk menggoreng
Sambal Roa
Bumbu yang dihaluskan:
10 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
5 buah bawang merah
1 ruas jari jahe
1 buah tomat ukuran sedang
Garam secukupnya
2 ekor ikan roa

Cara membuat:

1.Kupas pisang,lalu belah menjadi 2 bagian atau bisa juga belah memanjang menjadi 4 belahan yang tetap utuh ujungnya seperti kipas.
2.Campur tepung beras,tepung kanji,gula dan garam dalam mangkuk.Tuangi air,aduk hingga adonan licin dan tidak menggumpal.
3.Panaskan minyak yang banyak dalam wajan dengan api sedang.Celupkam pisang kedalam adonan tepung,angkat dan masukkan ke dalam minyak panas.Goreng pisang secara bertahap hingga kuning keemasan.Angkat dan tiriskan.
Sambal Roa
1.Bersihkan ikan roa,buang tulangnya dan haluskan.Sisihkan.
2.Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak banyak hingga harum,masukkan ikan roa,aduk sejenak hingga matang.Angkat dan sajikan bersama pisang goreng.

Lolynms
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar