Kamis, 04 April 2013

Bubur Sumsum Kombinasi


Halo Ibu2 Host yang Cantik dan Teman2 NCC,

Kali ini saya mau ikutan meramaikan event Jajanan Pasar Week. Untuk laporan saya yang pertama, saya mau lapor jajanan pasar yang sekarang agak sulit dicari, yaitu Bubur Sum-sum. Sebenarnya gak sulit-sulit banget sih, tapi kebanyakan yang jual sudah lebih praktis dan dikemas dalam bentuk gelas plastik. Dimana saya lebih suka yang jual ibu2 dengan cara berjualan di gendong. Udah pasti yang ibu2 gendong jual, rasa dan legitnya si bubur sum2 ini lebih maknyuss dan lebih wangi. Memang sekarang jajanan tradisional itu, agak susah dicari. Apabila ada pun rasanya itu jauh dari yang kita bayangkan.
Untuk resep bubur sum-sum kali ini, saya ambil resep dari resep ini diambil dari resepnya Bu Fatmah. Terima kasih Bu Fat, tapi aku modif dikit ya. Tepung beras yg digiling punya lebih enak wangi daripada tepung yang sudah jadi.

Berikut resepnya:
100 gr tepung beras putih ( tep beras gililing dipasar)
600 ml santan ( 1butir kelapa)
1 sdt garam
1 lbr daun pandan
Cara Membuat :
1.     Masak santan dengan daun pandan sebanyak 500ml
2.     100 ml santan campur dengan tep beras aduk rata.. lalu masukkan campuran tep dan santan kedalam wajan. aduk hingga benar benar licin
3.     Lalu masak diatas api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup.
 
Bahan Kinca :

200gr gula merah
150ml air
150 gr gula pasir
1lbr daun pandan
 
Cara Membuat :
1.     Masak gula merah, gula pasir, sedikit garam dan daun pandan yg sudah disobek sobek... masak hingga mengental
2.     bubur sumsum siap disajikan, dingin lebih ajib...
 
Selamat menikmati, Bon Apetit!
 
Salam,
Angel

1 komentar:

  1. kalo mau pesen bubur sumsum dimana ya mbak angel? buat kantor niy

    BalasHapus