Kamis, 04 April 2013

Lalampa


Haiii trio TAH,
Aku mau setor JTIW yg ke 4 nih. Lalampa.
Ceritanya ini hasil dr kebingungan menghabiskan ikan hsl pancingan suami yg tidak abis2. Pdhl sudah di bakar, di steam, masak gulai (smp berkali2), dibuat nugget. Hmmm.... Akhirnya keingetan deh sama mknan yg satu ini. Sebenernya hampir sama dengan lemper. Cuma beda isi nya saja, kl lalampa pake ikan dan lebih spicy.
Biasanya lalampa bentuk nya seperti lontong, bulat panjang tp kecil seperti otak-otak.
Biar lebih mantap dan kenyang aku bungkus gede-gede (padahal males  :p) Alhasil kyk pepes :D
Aku pake resep nya saji.

LALAMPA

Bahan :
 * 400gr beras ketan, cuci bersih, rendam 2jam
* 250 ml santan dr 1/4butir kelapa
* 2lmbr daun pandan (aku 6lembar)
* 1 1/2sdt garam
* daun pisang utk membungkus

Bahan isi :
* 150grm ikan tongkol (aku pake gabus laut)
* 1/8sdt air jeruk nipis
* 1 buah tomat potong-potong
* 100ml santan dr 1/4 butir kelapa
* 1 1/2sdt garam
* 1sdt gula pasir
* 6 tangkai kemangi (aku pake 2ikat)
* 1 1/2sdm minyak utk menumis

Bumbu halus :
* 4bh cabe merah (aku pake 6bh)
* 2bh cabe rawit (aku skip)
* 5siung  bwg merah
* 3siung bwg putih
* 2cm jahe
* 1btg serai (aku skip krn lupa beli)

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dgn air jeruk nipis, Diamkan 10mnt. Kukus smp matang. Suwir.
  2. Panaskan mnyk, tumis bumbu halus dan tomat smp layu. Masukan ikan. Aduk rata. Tuang santan, garam, gula pasir. Masak smp meresap. Menjelang diangkat masukan kemangi. Aduk smp layu. Angkat. Dinginkan.
  3. Kukus ketan 15mnt. Rebus santan, daun pandan dan garam smp mendidih. Tuang ke dalam bera ketan kukus, aduk smp santan terserap. Kukus smp matang. (30mnt)
  4. Ambil daun pisang. Sendokan ketan, pipihkan. Beri isi. Gulung. Bentuk seperti lontong. Semat dgn lidi.
  5. Panggang diatas bara api.

Salam JTIW,
Ade

Tidak ada komentar:

Posting Komentar