Kamis, 04 April 2013

Lapis Cokelat


Dear host,

Setor lagi ya yang kedua, mumpung tadi ada waktu buat. Kali ini saya buat Lapis cokelat, yang terbuat dari tepung beras dan tepung kanji. Ini juga salah satu jajan pasar favorit waktu aku kecil. Membuat jajan pasar itu ternyata butuh kesabaran dan ketekunan yang luar biasa ya, saya yang biasanya paling malas buat kue berlapis-lapis, akhirnya kepengen juga membuat lapis ini.
Resep diambil dari bonus masakan majalah Sartika 20 (masih ada ga ya majalah ini), beberapa metode sudah saya modifikasi

LAPIS COKELAT
Bahan
450 gr tepung beras
150 gr tepung kanji
1,5 lt santan dari dua butir kelapa (saya cuma pakai santan instan ukuran kecil 2 buah)
450 gr gula pasir
1 sdm pasta cokelat (saya pakai cokelat bubuk 2 sdm )
2 lembar daun pandan (saya pakai 3)
1/4 sdt garam (secukupnya)

Cara Membuat
  • Siapkan kukusan (klakat) yang muat untuk loyang ukuran 22x22 (kalau mau uji coba bisa buat resep setengahnya)
  • Campur santan, garam dan daun pandan, dan gula pasir, didihkan. Angkat dan diamkan beberapa menit supaya hangat
  • Campurkan tepung beras dan tepung kanji, tambahkan santan hangat sedikit, campur rata.
  • Diamkan selama 25 menit
  • Bagi adonan menjadi dua, beri satu adonan dengan coklat bubuk yang sudah dicairkan dengan sedikit adonan hangat, sedangkan
  • Adonan yang lain di biarkan putih.
  • Panaskan loyang ukuran  didalam kukusan .
  • Tuang 6-8 sendok sayur (tergantung ukuran sendok sayurnya yah, kalau ukuran besar cukup 2 sendok) adonan putih, kukus hingga matang, lapisi dengan 6-8 sendok sayur adonan coklat, kukus kembali
  • Lakukan proses ini selapis demi selapis hingga loyang penuh.
  • Terakhir kukus 30-40 menit hingga kue benar-benar total matang.
  • Angkat, dan dinginkan sehingga mudah untuk dicopot dan dipotong-potong.
  • Potong sesuai selera.
Tips: memotongnya bisa menggunakan pisau panas.
salam
Lin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar