Kamis, 04 April 2013

Kue Lumpang


Selamat sore .....
Ini adalah setoran/laporan aku yang ke 6, yaitu Kue Lumpang,
kue ini salah satu jajan pasar yang aku suka, apalagi kalau dinikmati setelah dikeluarkan dari lemari es.....hhmmmm ...jadi kebayang dengan kue lumpang yg dingin...Dari beberapa resep kue lumpang yang aku lihat by mbah google ternyata  semua resep yang aku baca kue lumpang ini selalu disajikan dengan kelapa parut,berhubung anak2 aku tidak terlalu suka dengan kelapa parut....akhirnya aku buat kue lumpang ini tanpa kelapa parut...tapi aku ganti dengan santan kental yg dicampur dengan tepung beras,sagu (adonannya aku buat agak kental) lalu aku tuang ditengah2 kue lumpangnya......dannn hasilnya jadi lebih enak loh....kata anak2ku...hehehe :)


KUE LUMPANG
Bahan
150 gr tepung beras
200 gr tepung sagu
180 gr gula pasir
200 ml air daun suji + pandan
800 ml Santan kental
garam secukupnya

Bahan pelengkap untuk taburan
1/2 buah kelapa parut + garam, dikukus (aku tidak pakai)
Cara Membuat :
  1. Campurkan tepung beras, sagu dan gula pasir jadi satu.
  2. Campurkan santan dan air daun suji pandan kemudian masukan garam dan vanili aduk sampai rata lalu  masukan ke adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan kemudian.disaring.
  3. Siapkan cetakan kue lumpang, olesi dengan minyak kemudian panaskan dengan api sedang.
  4. Masukan adonan kedalam cetakan kue lumpang lalu kukus selama 15-20 menit sampai matang
  5. Angkat kue lumpang dan keluarkan dari cetakan untuk disajikan. Taburkan parutan kelapa diatasnya.
Salam
Dhiba FH

Catatan :
Berhubung aku tidak pakai kelapa parut, jadi begitu kue lumpang 1/2 matang atau sudah terbentuk lubang / bolong ditengahnya lalu aku isi/tuang adonan putih (santan kental + tepung beras,sagu dgn takaran aku kira2 saja) lalu kukus sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar