Rabu, 13 Maret 2013

Amparan Tatak



Dear Host TAH... kembali stora yang ke 2 yaaa...

Kali ini ingin jalan-jalan ke Kalimantan Timur. Kudapan ini pernah
saya cicipi pertma kali saat saya masih kecil....waktu itu Ibu saya
pernah membuat nya. Setelah itu...mungkin ini yang kedua kali saya
mencicip Kudapan ini ...lamaaa sekali! ^_^

Amparan Tatak ini terbuat dari tepung beras, bahan dasar yang banyak
digunakan dalam pembuatan kudapan Indonesia. Dipadu dengan potongan
pisang , rasa manis walau tidak terlalu manis, bagian atas disiram
santan kental berasa asin gurih. Kudapan ini masih termasuk pada jenis
kue Talam.

Resep saya ambil dari majalah Sedap Sekejap edisi tahun 2003 ( Majalah
Sedap pertama yang saya punya.. ^_^ )

Amparan Tatak
source : Majalah Sedap sekejap, 2003

Bahan adonan bawah :

200 gr tepung beras
150 gr air panas
100 gr air ( ganti dengan 100 ml santan )
8 buah pisang kepok, belah dua dan potong sedang
100 gr gula pasir
sedikit garam

Bahan Adonan atas :

400 ml santan dari 1 butir kelapa
50 gr tepung beras
sedikit garam
1 sdm margarin cair

Cara :
1. Aduk semua adonan bawah, tuang ke dalam pinggan tahan panas. kukus
kurang lebih 20 menit
2. Campur adonan bagian atas, aduk rata
3. Tuang ke pinggan yang berisi adonan bawah, kukus kembali hingga matang
4. Jika sudah matang, diamkan hingga dingin. potong dan siap sajikan

--
Best Regards,
Afi
Enasae Brownies
Kp. Tengah Kramat. Jati Jakarta Timur

etalasae :http://enasaebrownies.weebly.com
FB : www.facebook.com/afi.kyami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar