Rabu, 13 Maret 2013

Lupis Ketan Putih dan Ketan Hitam




 
Dear Para Host,

Ini adalah laporan pertama saya di NCC Jajanan tradisional indonesia Week dan juga kali pertama buat saya ikutan event week-weekend, baru bergabung soalnya. Senang sekali bisa bergabung di grup ini. Untuk laporan perdana ini saya membuat Lupis ketan putih dan ketan hitam.

Lupis ini adalah makanan kesukaan saya dari kecil, saya sendiri juga gak tahu asal nya lupis dari daerah mana karena lupis sudah dikenal luas di masyarakat indonesia.

Biasanya kalau di daerah asal saya di Medan, dijual sebagai menu sarapan pagi berbarengan dengan lontong, medan, nasi lemak, lupis, cenil, serabi kuah dll.

Makanan manis ini terbuat dari beras ketan atau pulut namanya kalau di medan, dibungkus didaun pisang dan dibentuk segitiga. Dinikmati dengan baluran kelapa parut dan disiram kuah kinca gula merah, hmmm nikmat sekali.

Biasanya ketan ini dibuat dengan menggunakan daun pisang, tapi karena di daerah saya tinggal sekarang daun pisang adalah barang langka, kalaupun ada biasanya sedikit dan ukurannya tidak lebar, sehingga susah untuk membungkus lupis.

Akhirnya demi menikmati lupis walaupun jauh dari tanah air, saya pun membungkusnya dengan menggunakan plastik dan membungkusnya membentuk segitiga. Caranya hampir sama dgn menggunakan daun, cuma kalau menggunakan plastik membungkusnya harus sambil dipadatkan hingga benar2 padat, lalu menusuk sekeliling permukaannya dgn menggunakan tusuk gigi.

Kali ini saya membuat lupis dari ketan putih dan juga ketan hitam.

Lupis

Bahan:
1 kg Beras Ketan
Pasta Pandan secukupnya (kalau menggunakan plastik)
Kalapa parut, kukus bubuhi garam secukupnya

Cara:
Rendam beras ketan kurleb sekitar 2-3 jam, lalu buang airnya hingga tersisa sedikit lalu bubuhi pasta pandan sedikit saja (hanya cukup untuk mendapatkan warna hijau alami seperti kalau kita merebus lupis menggunakan daun pisang, kalau menggunakan daun pisang tidak perlu dibubuhi pasta pandan), aduk hingga merata lalu tiriskan.
Ambil selembar daun pisang/plastik yg sudah dipotong persegi panjang, kira-kira ukuran 36 x 7 cm, lalu bentuk segitiga, isi dengan beras ketan hingga penuh, lalu lipat membentuk segitiga, lipat terus sampai keujung daun/plastik. (kalau menggnakan plastik sewaktu melipat harus sambil ditarik dan dipadatkan, kalau menggunakan daun pisang cukup dipadatkan saja), semat dengan tusuk gigi.
Tusuk-tusuk seluruh permukaannya dengan tusuk gigi hingga merata (tidak perlu jika menggunakan daun pisang)

Bahan Kinca Gula Merah :
Air secukupnya
Gula Merah (secoklat yang diinginkan saja)
Gula Pasir
Daun Pandan
Kayu Manis
Tepung kanji secukupnya, larutkan dgn sedikit air

Cara:
Rebus semua bahan kecuali larutan tepung kanji, rebus hingga mendidih, tambah gula pasir hingga cukup manis, lalu masukkan larutan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga agak mengental.

Penyajian:
Gulingkan lupis di kelapa parut, letakkan dimangkok saji lalu tuang kuah kinca secukup nya

Terimakasih

Wenny
www.wennykitchen.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar