Rabu, 13 Maret 2013

Gandasturi


Mau laporan lagi,  kali ini jajanan tradisioanal INDONESIA yang saya buat adalah Gandasturi sebagai camilan minum teh tadi sore.
Ketika dulu masih SD & pindah ke Jakarta, ibu saya biasa membelikan gandasturi di tukang gorengan pinggir jalan. Teksturnya yang garing di luar berpadu dengan lembut & gurihnya kacang hijau di dalam sukses membuatnya menjadi gorengan kesukaan saya :)

Namun, seiring waktu, jarang saya temui gandasturi ini lagi di penjual gorengan di jakarta dsk.
Bahkan, ada yang nggak tahu apa itu kue gandasturi kalau saya tanyakan baik pada penjual gorengan jenis lain maupun bbrp tetangga saya.

Sebelum menulis laporan ini, saya browsing di internet untuk cari tahu asal-usul gandasturi
namun sayangnya tidak ada. Tapi di beberapa artikel yang saya baca, dikatakan Gandasturi ini adalah nama lain dari Kue Kumbu Kacang Hijau dari Palembang.
Mohon masukan dari teman2 lain yang lebih tahu apakah memang gandasturi ini adalah kue kumbu.
Resep ini adalah hasil kira2 sendiri ditambah masukan dari ngobrol sama teman2 mengenai kue ini.

Gandasturi
Bahan:
250 g kacang hijau (rendam selama beberapa jam, hati2 jangan terlalu lama nanti jadi tauge) :)
daun pandan
garam
6 sdm gula pasir (sesuai selera)
100 ml santan pekat

Bahan pencelup:
6 sdm tepung terigu
5 sdm tepung beras
air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus kacang hijau sampai lembut, masukkan daun pandan, garam & gula pasir.
  2. Teruskan mengaduk sampai kacang hijau hancur & habis airnya, angkat, dinginkan.
  3. Ambil adonan sebanyak 1,5 sdm, bentuk menjadi bulat pipih kira-kira 1/2 cm, sisihkan.
  4. Siapkan bahan pencelup kemudian celupkan adonan kacang hijau yang sudah dibentuk
  5. Goreng hingga matang.

Selamat mencoba & menikmati gorengan yang istimewa ini.

Salam JTIW,
Ine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar