Rabu, 13 Maret 2013

Cenil


Dear Trio Host TAH yang cantik2,
ijinkan pagi ini aku setor laporan jajananku semasa kecil ya, yaitu CENIL. Jajanan khas INDONESIA yang paling sering aku makan semasa almarhum ibu masih sehat, semasa aku masih muda belia, masih imut2, masih tinggal di Surabaya :D
Jadi dulu, setiap ibuku pulang dari pasar Genteng, pasti jajanan ini yang aku tunggu2. Beliau suka bawain Cenil, kala itu biasanya dicampur dengan Lopis, tapi aku selalu makan cenilnya aja (aku biasa bilangnya jajan kinyil2 karena gak tau kalo namanya cenil hehehe). Begitu gong JTIW dimulai oleh bu Fatmah tercinta, langsung deh kebayang aku pengen bikin jajanan ini karena kangen juga makannya, udah lama banget gak pernah makan lagi.
Kebetulan kemaren tanggal merah, jadi pagi2 aku ke pasar untuk beli kelapa parutnya, niatnya sepulang dari pasar pengen langsung mengeksekusi jajanan ini, tapi ternyata harus diundur karena ngikut suami dulu, jadi baru jam 4an mulai bikin. Melihat resepnya kayaknya gampil banget jadi mikir ah masih keburu lah untuk dapetin sinar matahari supaya hasil fotonya bagus. Apalah daya ternyata gampangnya itu hanya tertulis di resep aja, kenyataannya wauuuwww kok susyeeee, sampe hampir nyerah kok gak bisa2 nih dibentuk adonannya hiks, tapi niat sudah terpancang di hati, jadi terus deh, diulenin terus sampeeeee akhirnya bisa dibentuk adonannya, langsung deh dimasukkan ke air mendidih, dan akhirnyaaaa jadi juga ini cenil, yipppii!!! Sayangnya waktu cenil ini jadi sinar matahari sudah hilang jadi terpaksa deh fotonya apa adanya aja..
Berikut resep yang aku pake :
sumber : Inong Haris (almh)
Bahan :
200gr tepung sagu
125ml air
3 tetes pewarna hijau
3 tetes pewarna merah
100gr kelapa muda, diparut kasar dan dikerok
50gram gula pasir
Cara Membuat:
uleni sagu dan air sampai kalis, sementara itu didihkan air.
Bentuk adonan menjadi bola besar lalu rebus dalam air mendidih selama 3 menit.
Angkat kemudian uleni sampai lembut selama 2 menit, bagi adonan menjadi 2 bagian.
Tambahkan pewarna untuk masing-masing adonan dengan warna hijau dan merah, aduk rata.
Pilin adonan memanjang lalu potong-potong sepanjang 3cm.
Rebus dalam air mendidih hingga terapung, angkat lalu gulingkan dalam kelapa parut yang telah dikukus.
Sajikan dengan taburan gula pasir.
Menurutku rasa Cenilnya kali ini belum sama persis kayak yang aku makan dulu, bentuknya juga masih belum sempurna karena ada yang aku bentuk memanjang ada yang bentuk kotak, tapi untuk buatan sendiri sudah cukup okelah, cukup kenyil2, enak banget dimakannya pake taburan gula pasir yang banyak (aku suka rasa krenyes2 gula pasir di sela2 kenyil2 cenilnya). Sensasi makan cenil ini PAS banget, kenyil2 + krenyes2 gula pasir + kelapa parut, MANTAB BUANGET!! Jian wuenakkk tenaaann :D
Sekian laporanku, semoga berkenan, semoga diterima hehehe :D
Terima kasih banyak untuk perhatiannya :)

best regards,
Pungky
Cakery Cakes

1 komentar: