Rabu, 13 Maret 2013

Awung "Bendera"



Kenapa judulnya Awug "bendera"?..tiada lain tiada bukan karena warnanya yang merah putih hehe..meski sebetulnya pink sih..tak apalah..aslinya panganan tradisional ini kalo didaerah asal saya , Banjar,  Jawa barat selalu terhidang pas ada acara nikahan, selamatan dan sebangsanya, kini sudah sangat jarang dihidangkan.
Ada cerita dibalik awug ini, kata mamaku dulu..kenapa berwarna merah putih, karena ini sebagai simbol nasionalisme yang kala dulu masih jaman penjajah simbol simbol nasionalisme tersaji dalam bentuk panganan, entahlah..yang jelas saya ingat kalau diajakin kondangan, yang saya cari ya awug bendera ini, rasanya manis gurih dan kenyal.
Terus karena sekarang saya tinggal "jauh ti lembur" alias ikut suami nyebrang ke Banjarmasin, berubah dikit sih namanya dari Banjar trus ditambahin Masin hehe..kadang kangen panganan khas "lembur" /kampung halaman, ditambah dulu pas hamil anak kedua, sempat ngidam Awug ini, sampai pas mudik, mesen ke tetangga buat dibikinin awug. sekarang setelah tau ternyata bikinnya gak susah, nyoba bikin sendiri..pas ada even Jajanan Tradisional Indonesia NCC, Ah senang rasanya dan segera pengen ikut partisipasi..

Resepnya saya dapat dari google, blognya Aimyaya kalo ndak salah..
- 275 gr tepung ketan putih
-1/2 butir kelapa muda parut
-100gr gula pasir
-1/4 sdt garam
- 6 sdm air
-1 sdt air kapur sirih
-6 tetes pewarna merah ( cross)

Cara membuat :
1.semua bahan dicampur rata, perciki air sedikit demi sedikit, terakhir air kapur sirih, dirasakan apakah cukup lembab, setelah tercampur rata (tidak diuleni ya ..), tuang di loyang bulat diameter 20cm, yang dialasi daun pisang (saya lagi ndak punya daun, jadi pakai plastik yg dioles minyak sedikit)
2.tuang setengah adonan putih, ratakan,
3.sisanya tetesi pewarna merah, aduk rata, dan tuang diatas lapisan yang putih, ratakan. kukus 25 menit, angkat, potong-potong..siap dinikmati selagi hangat


O ya ternyata..daerah lain juga punya panganan yang sama persis, dengan nama berbeda..seperti laporannya mba nina, di betawi ternyata namanya Sengkulun ya..^^

Salam Jajan
Ani- Banjarmasin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar