Rabu, 13 Maret 2013

Bongko Pisang


Dear Ibu Host NCC-JTIW,

Alkhamdulillah bisa ikutan setor ini untuk bikin Jajanan tradisional INDONESIALaporan pertama ini saya mau setor BONGKO PISANG. Entah aselinya dari mana tapi saya sudah menikmati jajanan ini sejak jaman TK dulu. Versi yang saya laporkan ini sama seperti jaman dulu saya makan yaitu dibuat dari tepung terigu dan gula pasir dan dicetak di Loyang kemudian dipotong potong dan sama penjualnya disajikan dengan dibungkus plastic di sekeliling bongkonya. Sebelumnya Saya pernah membuat BONGKO PISANG juga dengan bahan dari tepung beras dan gula merah tapi dibungkus daun pisang (resep dan tampilan ada di blog saya  http://dapurcikarang.blogspot.com/2013/02/bongko-pisang.html  )

Perbedaan Bongko Pisang terigu dan tepung beras berdasar pengalaman saya kalo yang memakai tepung terigu tekstur lebih lembut sedangkan yang menggunakan tepung beras lebih kenyal. Nah silakan coba sesuai selera saja yaa karena rasanya sama2 enak lho..  oh iya untuk yang sekarang saya buat saya tidak memakai gula merah tetapi pakai gula pasir karena saya ingin memberi warna sedikit agak pink seperti jaman dulu yang saya makan hehe.

Berikut resepnya : 

Bongko Pisang

Bahan :
  • Pisang kapok kuning/Raja matang (ndalu) 20 pcs ukuran sedang
  • 250gr tepung terigu
  • 4 sendok makan tepung tapioka
  • 250 gr gula pasir
  • 1 liter santan
  • Pewarna makanan merah 
  • 3 tetesgaram secukupnya
  • daun pandan
  • daun pisang untuk membungkus
Membuat Blondo :
  • rebus 1 L santan dengan daun pandan dan garam secukupnya dengan api sedang sampai mendidih. bagian yang kental akan mengapung keatas. saring setiap ada santan kental yang mengapung. tampung di mangkuk. gunakan sebagai blondo. 
Cara membuat :
- aduk semua bahan kering jadi 1
- tambahkan dengan 200 ml santan aduk rata
- campur 800 ml santan hangat dengan gula pasir, pewarna dan garam sampai gula larut
- tuang campuran santan gula ke adonan tepung perlahan sambil terus diaduk
- lanjutkan mengaduk diatas kompor dengan api kecil, tambahkan irisan pisang
- aduk sampai adonan mengental
- angkat dari kompor
- siapkan Loyang, poles minyak sedikit, alasi daun pisang, tuang adonan bongko ke Loyang , rapikan, beri blondo diatasnya. Atau bisa juga dibungkus daun pisang
- bungkus adonan dengan daun pisang (tambahkan Blondo keatas adonan Bongko)
- kukus 30 menit
- siap disajikan  selamat mencoba yaa

 ^_^ Terimakasih
Salam,
Irma
www.dapurcikarang.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar