Jumat, 15 Maret 2013

Bola - Bola Ubi


Mau ikutan meramaikan ajang week2an kali ini dgn cemilan jadul yang simpel namun berjuta rasanya..hehehe..
Sedikit bercerita, kue ini memiliki nilai sejarah dalam keluarga kami. Dulu ini adalah menu bakulan ibu saya disamping dadar gulung isi unti (hehehe tnyata saya ada turunan bakulan kue jg..baru nyadar..) Jadi kue2 ini dibawa oleh kakak2 saya untuk dititipkan d kantin sekolah mereka (waktu itu saya belum sekolah) dan saya kebagian nyemilin sisa kue yg reject (karena meletus atau robek) Ennyyaakkk..nyem..nyemmm..

Demi mengenang masa kecil dulu,berikut saya tuliskan resepnya.

BOLA-BOLA UBI
 
Bahan :
500gram ubi kuning/orange,kukus dan haluskan
150gram tepung sagu
200 gram gula merah,sisir halus
1sdt garam
1/2 butir kelapa yg muda,parut kemudian dikukus
Air untuk merebus

Cara Membuat:
  1. Campur ubi,tepung sagu,garam,aduk hingga rata.
  2. Ambil 1sdm adonan ubi,bulatkan kemudian buat lubang dtengahnya,isi dengan 1sdt gula merah,bulatkan kembali,sisihkan.
  3. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan bola2 ubi,tunggu sampai mengapung, angkat dan tiriskan.
  4. Campur kelapa parut dengan 1/2sdt garam aduk rata. Gulingkan bola2 ubi ke dalam kelapa parut.
  5. Tata dalam piring saji,siap disantap.

Kue ini memiliki rasa yang mirip dgn klepon sehingga kalo memakannya harus d lepp/dicaplok langsung demi menghindari muncratan gula merah kemana2..hehehe..alias ada ranjau gulmernya..

Ahhh senangnya mengenang jaman kecil lewat makanan ini..thanks to trio TAH yg berkenan menerima laporanku..

*ngelap mulut yg kena ranjau gulmer*

Salam jajanan tradisional
Enny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar