Jumat, 15 Maret 2013

Wingko Pisang

Dear trio TAH yang cantik2...

Begitu gong NCC-JTIW dibunyikan, langsung diniatin pokoke harus ikutan, apalagi ngeliat logonya yg lucuuu banget, ah makin gak sabar aja pengen dapet logo si mboke :D
So, tadi pagi langsung uplek-uplek di dapur, bikin Wingko Pisang. Wingko, seperti yang kita tahu.. berasal dari Semarang, termasuk daftar oleh-oleh wajib dari Semarang. Berhubung di rumah lagi banyak pisang ambon, jadi wingkonya aku tambahin pisang ambon :D.

Ini dia resepnya, aku ambil dari :  http://catatan-nina.blogspot.com/
O iya, sengaja aku pilih resep ini karena tidak memakai santan. Tapi rasanya tetap gurih dan enak.

WINGKO PISANG (resepnya sudah aku sesuaikan)

Bahan :
200 gr tepung ketan
1 butir kelapa ---> kupas dan parut (kurleb 400 gr)
1
20 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir telur kocok lepas
50 gr margarin ---> lelehkan
2 buah pisang, potong dadu kecil
90 ml air
Wijen secukupnya (utk taburan)

Cara Membuat:
Campurkan : tepung ketan, gula pasir, kelapa parut, pisang, dan garam. Aduk rata.Tambahkan : telur, margarin leleh, air. Aduk rata.
Siapkan loyang 22x22 cm, oles margarin dan alasi dengan daun pisang, tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.Oven sampai setengah matang, keluarkan, taburi dengan wijen, kemudian oven lagi di rak paling atas.
Setelah dingin baru dipotong. (kalo tadi karena udah gak sabar dan mau brkt kerja, jadi masih panas2 aku potong :D).

Terima kasih,
Suri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar