Jumat, 15 Maret 2013

Gehu khas Bandung

Selamat pagi,mau setor jajanan tradisional asal Bandung Indonesia. Gehu alias toGE di dalam taHU, cemilan mengenyangkan yg terbuat dari tahu goreng yang diisi tumisan sayuran.

Berhubung saya suka camilan asin, jadi saya sering bikin gehu ini. Kalo di Surabaya, tempat saya tinggal sekarang, namanya tahu berontak. Ukurannya lebih jumbo. Tapi saya tetap lebih suka gehu. Sekali makan bisa 10 biji *tutupmuka.

Tahu yg digunakan sebaiknya model tahu Sumedang , tahu putih. Jadi ketika digoreng dgn minyak panas dia mengembang dan kopong di dalam. Lebih mudah mengisinya dengan sayuran. Kalau menggunakan tahu biasa jg boleh, hanya saja nanti harus mengeruk isi tahunya sedikit. Kalau di Surabaya sini,saya menggunakan tahu Banyuwangi.  Di Bandung, isian Gehu kadang hanya toge dan kol, kadang ada juga yg menambahkan wortel. Berikut resep gehu yang biasa saya buat.

Bahan:
10 potong tahu, goreng dengan minyak panas yang banyak

Bahan isian :
2 batang wortel iris tipis seperti korek api.
Tauge secukupnya.
4 btr Bawang putih,
1/2 sdt merica ,
1/2 sdt garam. Haluskan.

Bahan tepung :
3 sdm tepung terigu segitiga biru
1 sdm tepung Bumbu Sajiku.
Air secukupnya.

Cara :
Tumis bumbu halus, masukan wortel, setelah layu,masukan tauge. Jgn menumis terlalu lama. Masukan sayuran ke dalam tahu.
Buat adonan tepung denganmencampur tepung terigu, tepung Sajiku dan air hingga kental. Gulingkan tahu isi dalam adonan, lalu goreng dalam minyak panas dan banyak.

Saya kadang jg menambahkan irisan caberawit di dalam tumisan sayuran. Sedaaaap. Kalo kata orang sunda SeuHahhhh!!

Salam,
Riva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar