Jumat, 15 Maret 2013

Bubur Sumsum

Selamat pagi para host NCC-JTIW & rekan2 milis NCC,

Pagi ini, Jajanan Tradisional INDONESIA yang saya buat adalah Bubur Sumsum dari Pulau Jawa. Enak makan bubur sumsum hangat2 utk sarapan hbs bangun tidur :)

Ketika cari2 di internet mengenai asal-muasal bubur sumsum, saya ketemu tulisan ini di http://www.anneahira.com/bubur-sumsum.htm

Berikut saya copas dr webnya: 

*Bubur sumsum merupakan makanan tradisional yang memiliki banyak pengemar baik di dalam masyarakat Indonesia hingga ke negara tetangga. Untuk di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Hongkong dan Taiwan, bubur sumsum biasanya diperkenalkan kepada masyarakat di negara tetangga tersebut oleh para Tenaga Kerja Wanita Indonesia yang bekerja di negara-negara tetangga tersebut.

Bubur sumsum ini berasal dari kebiasaan adat istiadat masyarakat yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Pada perkembangannya, makanan tradisional bubur sumsum ini menjadi bagian dari kehidupan, adat istiadat dan budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya penduduk yang berada di Pulau Jawa saja yang terbiasa menyajikan dan mengkonsumsi bubur sumsum ini, namun penduduk di daerah lain yang sudah pernah merasakan nikmatnya bubur sumsum juga ikut menjadikan bubur sumsum ini sebagai makanan favorit mereka.

Nama bubur sumsum ini sebenarnya diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang yang putih bersih. Karena rasanya yang manis dan lembut, bubur sumsum ini dipercayai mampu mengembalikan stamina dan energi yang hilang akibat berbagai aktivitas. Bahkan, ada beberapa orang yang menyukai menu bubur sumsum ini sebagai hidangan di waktu sarapan.

Bubur sumsum sering disajikan pada perayaan selamatan rumah atau perayaan selamatan lainnya. Selain itu, bubur sumsum juga biasanya dihidangkan sebagai penutupan setelah ada hajat besar seperti setelah ada upacara dan perayaan pernikahan, kelahiran atau upacara-upacara besar lainnya. Bahkan karena rasanya yang manis itu pula, banyak orang yang menyajikan bubur sumsum ini sebagai menu berbuka puasa.*

Ini resep yg saya buat tadi pagi:

Bubur Sumsum

Bahan:
150 g tepung beras
garam secukupnya
950 ml santan

Kinca / Sirop Gula Merah:
gula merah, diiris halus
daun pandan
air

Cara Membuat:
- Aduk rata tepung beras, garam & santan, kemudian masak di atas api sampai kental & matang

Untuk kinca:
- Rebus gula merah dengan air & daun pandan sampai kental kemudian disaring.

Hidangkan dengan mencampurkan bubur dengan kinca secukupnya.

Selamat menikmati :)

Salam JTIW,
-Ine-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar