Jumat, 29 Maret 2013

Berondong Jagung


Dear host, mau laporan lagi yang ke 9. 

Berondong jagung ini sampai sekarang masih bisa saya temui tergantung di gerobak tukang sayur keliling dalam plastik bening. Saya yang lebih suka makanan manis selalu naksir ama berondong. Nafsu aja gitu liatnya jadi srlalu beli sampai anak saya ketularan suka juga.
Tapi biasanya di abang-abang itu butiran jagungnya besar- besar. Gak tau mereka buat dari apa atau metodenya mungkin yang berbeda. Untuk JTIW ini saya pikir kenapa tidak membuatnya sendiri ya, akhirnya Saya coba buat dari resep Berondong Manis yang ada di sedapsekejap.blogspot.com
 
BERONDONG JAGUNG

Bahan:
75 gr biji jagung
1 sdm margarin/mentega
1 sdm minyak goreng
Untuk lapisan gula:
200 gr gula merah, iris halus
4 sddm air ( saya tambahkan 4 sdm gula pasir juga)
 
Cara membuat:
  1. Panaskan mentega dan minyak goreng dalam wajan.
  2. Masukkan jagung, aduk-aduk sampai tercampur rata dan ada butir jagung yang merekah. Kemudian segera tutup dan biarkan jagung merekah semuanya.
  3. Buka tutupnya, aduk-aduk lagi dan segera angkat.
  4. Masak gula jawa dan air di atas api kecil hingga kental sekali dan berambut jika di alirkan. Masukkan berondong jagung, aduk-aduk hingga tercampur rata. segera angkat, letakkan di niru atau tampah (saya pakai loyang), ratakan sambil ditekan-tekan (saya masukkan tangan ke plastik tebal agar tidak lengket saat menekan) buat ketebalannya menjadi lebih kurang 2 cm. Angin-anginkan hingga larutan gula mengering. Potong-potong ukuran 4 X 6 X 2 cm.
Catatan:
Untuk resep ini, gunakan jagung untuk pop corn

Ani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar