Rabu, 20 Maret 2013

Gethuk Gulung







Hallooo Trio TAH, ini setoran pertawa saya untuk event NCC JTIW, semoga berkenan menerimanya ya. 
Kali ini saya membuat yang mudah-mudah saja, yaitu gethuk gulung. Mudah dibuat dan juga bahan-bahannya gampang ditemukan, yaitu hanya menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Awalnya bikin gethuk gulung ini karena hasil jalan-jalan di web-nya Farah Quinn, tapi akhirnya saya skip penggunaan santan kental nya karena tekstur gethuknya saya rasa sudah cukup bagus untuk digulung.

GETHUK GULUNG

Bahan :
1 kg singkong
2 sdm margarin
100 gr gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt vanilli
1/4 sdt garam halus
1-2 sdt pasta pandan (pakai L'arome) ---> bisa juga diganti pasta coklat, mocca atau sesuai selera
kelapa parut untuk taburan secukupnya

Cara Membuat :
1. Kukus singkong, panas-panas haluskan dan campur bersama margarin, gula pasir, vanilli dan garam.
2. Haluskan dan campur hingga rata.
3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, 1 bagian biarkan putih dan 1 bagian lainnya beri pasta pandan.
4. Siapkan loyang (saya pakai 20x20x3 cm), alasi dengan plastik.
5. Ambil bagian putih, letakkan di loyang sambil diratakan dan ditekan-tekan.
5. Letakkan bagian hijau di atas bagian putih, ratakan dan tekan-tekan.
6. Balikkan loyang di atas plastik, kemudian gulung gethuk sambil dipadatkan.
7. Dinginkan dalam suhu ruang dan siap dipotong-potong.
8. Sajikan dengan kelapa parut.

Tips : 
- Pastikan untuk mengenali kondisi singkong yang digunakan, kenali teksturnya ketika kita menghaluskan.
- Masukkan bahan pelengkap sedikit demi sedikit, terutama santan kental (kalau pakai) dan margarin karena apabila terlalu banyak maka teksturnya akan terlalu lembek.
- Apabila menggunakan santan kental, rebus dulu santannya sehingga tidak mudah basi. Gunakan secukupnya saja antara 2-3 sdm.

Sekian laporan saya tentang gethuk gulung. 
Salam Jajanan Tradisional Indonesia

Salam Jajan Tradisional,
Nina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar