Rabu, 20 Maret 2013

Jenang Sumsum






Assalamu'aikum Wr. Wb,
Selamat siang...

Dear Trio Host JTIW yang baik dan cantik2...

Mau ikutan event JTIW,  ini setoran saya yang pertama. Sempatin kirim laporan ϑĩ sela2 jam kantor nih...  Selama saya pantau semua laporan yang  sdh ada ( duuhh... bahasanya...hhahaa) sepertinya sdh pernah ada setoran ttg Jenang Sumsum, tp kalo didaerah asal saya Bojonegoro jenang sumsumnya beda, ada spt grendulnya yang terbuat dr Tepung ketan dan kelapa parut, dan disiram dg saus gula merah yang biasa disebut Juruh, berikut ini saya share resepnya :

Jenang Sumsum
By : Momma Queen

Bahan A :
250 gr Tepung ketan (saya pke Rose Brand)
1/2 butir kelapa mengkal parut
1 sdt garam
1 sdm air kapur sirih
50 ml air

Bahan B:
250 gr tepung beras (saya pke Rose Brand)
700 ml santan dari 1 butir kelapa
1 lbr daun pandan
1 sdt garam

Bahan C:
200 gr gula merah
400 ml air

Cara membuat :

Jenang sumsum:
Didihkan kurang lebih 1000 ml air dlm panci, campur jd 1 semua bahan A, pulun bulat2 masukkan dlm air mendidih hingga habis dan mengambang. Masukkan daun pandan dari bahan B, campur sisa bahan B, masukkan dlm panci yang sdh ada grendulnya aduk2 hingga mengkilap dan meletup2, angkat biarkan dingin.

Juruh gulmer :
Panaskan air, masukkan gula merah yang udah disisir, tggu hingga larut dan mendidih, angkat, saring.

Cara menghidangkan: Jenang sumsum disiram dg juruh,

Selamat menikmati,

Salam grendul,
MommA QueeN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar