Rabu, 20 Maret 2013

Kue Pisang Garing







Mbak2 host, ini setoran saya yang ke 5. Masih resep yang mudah saja malah yang susah itu adalah ketika ingin hasilnya imut seukuran sekali caplok :D seperti yang dijual di toko-toko kue itu.  Saya coba membungkus dengan plastik kaca karena ukuran plastiknya kecil banget jadi harus hati-hati agar adonan tidak luber. Ada juga yang pakai daun agar ada wangi aroma daun dan leluasa menentukan ukurannya.  Resep saya contek dari http://intisari-online.com/mobile/read/kue-pisang-garing

Kue Pisang Garing
 
Bahan:
1 bungkus (120 g) tepung hunkue kualitas baik (saya pakai ukuran 100gram)
1 sdt agar-agar bubuk
1 gelas (250 ml) santan kental dari ½ butir kelapa
½ sdt garam
400 ml air
335 g gula pasir ( saya pakai 200gram saja)
2 sdm bubuk kakao kualitas baik + 2 sdm air panas (ini saya gunakan merk van Houten)
5 buah pisang uli/3 buah pisang tanduk sedang, kukus, potong agak
serong 1 cm (ini yang motong pisang Tanduknya anak saya yang paling cantik umur 4thn jadi sesuka dia bentuknya)
Daun pisang, potong menjadi 28 lembar berukuran 15 x 15 cm atau plastik tebal
 
Cara membuat:
  1. Campur tepung hunkue dengan agar-agar, air dan santan. Aduk rata.
  2. Masukkan gula pasir dan garam. Aduk rata.
  3. Masak adonan ini di atas api. Aduk terus hingga mengental.
  4. Cepat bagi menjadi 2 bagian, yang satu bagian diberi larutan kakao. Satu bagian lagi dibiarkan putih. Aduk rata.
  5. Ambil selembar daun pisang, beri ½ sdm adonan putih, letakkan sepotong
  6. pisang, tutup dengan ½ sdm adonan putih lagi. Segera bungkus. Tekan
  7. bagian kanan dan kiri bungkusan supaya "berpinggang". Dinginkan.
  8. Lakukan hal yang sama dengan adonan hunkue cokelat.  (untuk 28 buah)
Salam,
Ani Verdiyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar