Rabu, 20 Maret 2013

Kue Leker


Selamat siang trio host TAH dan teman-teman NCC semuanya,

Ini laporan ketiga saya untuk Jajanan Tradisional, jangan bosen-bosen yah bacanya.
As per requested dari mba Yuli Kue Rumahan, saya buatkan kue Lekker yang asalnya dari Solo (dibuatin aja, makannya enggak hehehe maaf ya mba Yuli). Percaya enggak percaya, saya baru tahu kue ini 3 tahun yang lalu pas pulang dari gereja di Menteng.  Tapi, saya masih penasaran kok yang saya buat tekstur nya gak garing seperti yang di abang-abang ya, meskipun garing tapi cuma sebentar saja, kayaknya nanti pas pulang ke Jakarta musti tanya langsung ke abang nya nih resepnya hahaha. Yo wis silahkan diliat resepnya yang saya ambil dari blog Tempatonlineku.

Resep Kue Leker Crepes renyah atau Kering
Bahan:
150 gram Tepung terigu
50 gram Tepung tapioka / kanji
200 gram Tepung beras
500 ml Susu cair (kebetulan susu habis dirumah, saya pakai air saja)
2 sdt Vanili bubuk (tidak dipakai krn tidak ada)
2 btr Telur, kocok lepas
2 sdm Butter / margarin, lelehkan
2 sdt Baking powder double acting

Cara Membuat Kue Leker Crepes Renyah :

  1. Campur Tepung terigu, tepung tapioka/kanji, tepung beras, vanili bubuk, dan baking powder, aduk hingga rata lalu sisihkan
  2. Di tempat yang berbeda, campur semua bahan cair (susu cair, telur, margarin/butter leleh), aduk sampai rata.
  3. Jadikan satu / campur kedua bahan tadi sambil diaduk hingga rata, licin dan tidak menggumpal.
  4. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuangkan kedalam cetakan / wajan anti lengket / teflon dan masak sampai matang, tunggu hingga mengering atau terlihat sudah crispy, angkat dan sajikan dengan taburan atau isian sesuai selera (saya pakai keju parut dan SKM).
 Mudah-mudahan bermanfaat yah (^_^)
 
Salam lekker,
Amanda Kusumo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar