Rabu, 27 Maret 2013

Arem - arem




Bismillah.....
Dear hosts JTIW dan NCCers
Akhirnya memberanikan diri untuk ikutan week"an NCC ini, hehehe...
Sebenarnya aku sama sekali gak ngerti gimana caranya, tapi coba-coba aja deh semoga bisa lolos seleksi ya...

Jajanan yang aku buat ini adalah arem-arem yang menurutku memang termasuk dalam jajaran jajanan tradisional Indonesia. Tapi, yang aku heran kalau aku lihat setoran-setoran rekan NCC yang sudah ada sebelumnya kenapa gak ada ya si arem-arem ini ? agak penasaran juga sebenarnya, karena kenapa si arem-arem ini tidak terlihat, padahal kan dia ini termasuk jajanan yang sangat familiar, bahkan untuk isian snack box merupakan salah satu menu wajib yaa ??? hehehe....
untuk mengobati rasa penasaran ku inilah, makanya aku memberanikan diri ikut di ajang ini, tidak sengaja sih sebenarnya. cuma kebetulan aku lagi  buat ini arem-arem dalam edisi kepingin makan dan buat sendiri arem-arem setelah sekian tahun tidak pernah buatnya lagi,,kemarin liat-liat di grup facebook NCC ada beberapa teman-teman yang setoran JTIW ini, aku liat, buka setoran-setoran dari awal sampai akhir kalau aku gak salah lihat kok gak ada si arem-arem ini.Kebetulan masih ada sisa 3 buah arem-arem yang aku buat kemarin, jadilah ku foto pake kamera bb saja ( maklum amatiran,hehe..) dan aku coba nih kirim ke event JTIW ini.
untuk resep ku pakai dari tabloid SAJI dengan sedikit modifikasi menyesuaikan dengan resep bahan yang ada di rumah.

berikut ini resep arem-arem yang aku buat :

AREM-AREM

Bahan-bahan :
  • 500 gram beras, di cuci bersih
  • 1250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sdm garam ( sesuai selera)
  • 3 lembar daun salam
Bahan isi :
  • 200 gram fillet ayam, cincang
  • 200 gram wortel, parut kasar
  • 200 gram kentang, potong dadu kecil, goreng
  • 6 siung bawang merah, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 buah cabe merah, cincang halus
  • 5 buah cabe rawit, cincang halus
  • 2 sdt kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdt gula pasir
  • 100 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Cara membuat :

  1. Isi  : tumis bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit sampai harum. masukkan ayam. aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan wortel.aduk rata. masukkan air, aduk sampai wortel layu.
  3. Masukkan kentang goreng, aduk rata. Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, gula pasir, merica bubuk. Masak sampai meresap.
  4. Masukkan daun bawang. aduk rata.
  5. Rebus santan, garam, daun salamsampai mendidih. Masukkan beras. aduk sampai terserap dan kental.
  6. Ambil 1 sdm adonan, beri isi 1 sdt. bentuk lonjong sambil dipadatkan. Bungkus daun pisang. bentuk lontong.
  7. Kukus 1 jam sampai matang.
  8. tips : agar butiran beras tidak terlihat, aronan ditumbuk-tumbuk dahulu, kukus lebih lama agar lebih kompak.
                                                  

Selamat mencoba....


Salam Jajanan Tradisional Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar