Rabu, 27 Maret 2013

Es Palubutung


Dear Host JTIW..
Mau laporan perdana saya di acara week2an :)

Saya, orang tua ataupun sodara-sodara saya tidak ada yang asli Makasar. Nyicip es palubutung pertama kalinya waktu kuliah di Bogor. Ada yang jual es palubutung tapi di kedai ayam bakarnya dan tidak selalu tersedia. Sekali makan, langsung ketagihan. Besoknya mau beli tapi lagi tidak bikin si empunya kedai. Akhirnya setelah berkali-kali mampir tiap lewat pulang kuliah cuma sekali dapat es palubutungnya. Beberapa tahun kemudian, kebetulan dapat suami asli Kendari dan saat mudik lebaran disuguhin "kolak pisang" di rumah tantenya suami. Yang saya tahu itu namanya palubutung, tapi waktu saya sebut palubutung besoknya suami juga gak engeh. Sampai waktu jalan2 ke pelosok dan pertama kalinya nemu tulisan "sedia es palubutung dan pisang ijo" tapi gak sempat mampir karena pas pulangnya gak nemu lagi tulisannya, hehehe.. Akhirnya hanya kesampaian makan Es Pisang Ijo Amanda yang terkenal di sana.

Setahun kemudian waktu hamil si bungsu, kepengen es palubutung dan suruh suami tanya resepnya dan nyari pisang kepok dan santan malam-malam (ceritanya ngidam nih) akhirnya ketagihan bikin terus sampai sekarang karena buatnya simpel (tidak serepot bikin pisang ijo) dan bawa buat potluk HMFF kemarin.
 
ES PALUBUTUNG

Berikut resepnya: (yang ini saya dapat dari browsing, cuma lupa di copas linknya. kalau resep dari keluarga suami gak pernah ditakar cuma pakai ilmu kira-kira saja)

Bahan:
5 buah pisang kepok, kukus sampe matang, dinginkan
600 cc santan
50 gram tepung beras
75 gram gula pasir halus (saya cuma pakai 50 gram karena sudah ada manis dari sirup dan SKM saat penyajian)
1 sdt vanili (saya tidak pakai)
1 sdt garam
2 lembar daun pandan, disobek2 (optional kalo ada)
sirup merah rasa cocopandan

Cara Membuat :
Larutkan tepung beras dengan sedikit santan, sisihkan. rebus santan, gula pasir halus, vanili, garam dan daun pandan dengan api kecil sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan adonan tepung beras, aduk lagi sampai matang (tanak, kalo orang jawa bilang), kemudian dinginkan.

Cara Penyajiannya :
Hancurkan es batu, taruh dalam mangkok saji, tata pisang rebus yg dipotong melintang di atasnya, siram dengan adonan bubur putih, kemudian siram lagi dengan sirup cocopandan.
Kalo di makassar pake sirup DHT yg pas banget rasanya dgn perpaduan pisang dan bubur putihnya. berhubung disini nggak ada, ya pake sirup ABC cocopandan aja, tetep enak kok.

Salam,
Qiqie - Kue Nayla
*masih menanti dibawain sirup DHT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar