Rabu, 27 Maret 2013

Kue Cucur


Turut menyemarakkan event NCCJTIW...
Jajanan Tradisional...The Best Ever, I love it...

Kue Cucur merupakan merupakan salah satu jajanan tradisional yang musti kita lestarikan, kue ini sebenarnya dibuat dari bahan2 yang sangat sederhana. Tetapi untuk membuatnya hingga berhasil dan sukses memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi. Tetapi jika sudah bisa menaklukkan kue cucur ini...pastinya sangat bahagia, karena rasa kue ini bener2 nikmat dan khas selera tradisional.

Yuk mari membuat kue cucur, resepnya bisa ditengok dibawah ini...

Kue Cucur
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan :
500 ml air santan kelapa
1 lembar daun pandan
2 lembar daun jeruk purut
200 gr gula merah + 50 gr gula pasir
1 sdt garam
250 gr tepung beras
50 gr tepung terigu
 
Cara membuat:
  1. Rebus gula merah, gula pasir, air santan kelapa 500 ml bersama daun pandan dan daun jeruk purut, masak hingga mendidih dan gula larut, biarkan hangat.
  2. 2Masukkan air gula hangat ke dalam campuran tepung beras dan tepung terigu...lalu masukkan garam, adonin secara di kopyok dengan memakai tangan hingga adonan rata dan licin
  3. 3Terus lakukan mengadon dengan tangan sambil cairan tepung di kopyok..maksudnya dikeplok-keplok pake tangan, kopyok selama 20 menit.
  4. 4Diamkan adonan  atau istirahatkan kurang lebih 6 jam, lebih lama lebih baik.
  5. 5Goreng diwajan panas (api sedang saja) satu sendok sayur dengan minyak goreng panas (kira-kira 5 sendok makan minyak goreng).
  6. Kalau sudah kelihatan ditengah-tengah cucur menggembung..tusuk dengan lidi/tusuk gigi...untuk tes kematangan. dan jangan lupa sambil disiram-siram dgn mimyak bagian atasnya cucur. Jika sudah kering dan matang angkat, lakukan sampai adonan habis digoreng.
Selamat Mencoba :)
Ariesta Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar