Rabu, 27 Maret 2013

Bolu Sarang Semut


Jajanan tradisional Indonesia ini sangat populer sejak dulu hingga kini karena rasanya yang legit dan teksturnya yang menarik. Nama lainnya adalah bolu karamel atau bika karamel. Darimana persisnya kue ini berasal pun tidak diketahui pasti.
Disebut Bolu Sarang Semut karena teksturnya yang seperti sarang semut; berongga-ronga seperti halnya bika ambon. Membikin kue ini membuatku terkenang akan masa kecilku. Dulu, ketika masih SD aku suka membantu ibuku membuat kue ini, membuatnya mudah tidak perlu menggunakan mikser, cukup diaduk. Tetapi ibuku sudah lupa dengan resep yang digunakan. Resep yang aku pakai sekarang adalah resep NCC. Berikut ini resepnya:

Bahan:
425 gr gula pasir
450 ml air panas
150 gr mentega
200 ml Susu Kental Manis

8 butir telur
180 gr Tepung Terigu
50 gr maizena
2 sdt soda kue

Cara Membuat:
  1. Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
  2. Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. (*Ummi: pakai mikser kecepatan paling rendah, asal rata). Matikan mixer. Sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. 
  3. Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
    Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung. 
  4. Panggang dalam oven, suhu 180'C selama kl. 40 menit atau sampai matang.

Salam Jajanan Tradisional Indonesia,

Essy Yulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar