Rabu, 27 Maret 2013

Ketan Bakar Bandung



Dalam rangka meramaikan NCC-JTIW, saya sebagai ABG (padahal umur dah ga abg lagi...he...he...), saya mau ikutan nyetor.
Mudah-mudahan bisa diterima ya...
Dan karena saya tinggal di Bandung, jadi saya mau nyetor makanan khas Bandung, di Lembang tepatnya. 
Ketan bakar, yang di cocol sama sambal oncom.
Ketan bakar yang gurih, disajikan dengan sambal oncom yang pedas, gurih dan berasa sedikit manis....wah..lekkker pokoknya !
Sourcenya saya ambil dari Sajian Sedap, tapi sudah dimodifikasi 

Ini resepnya :
 
KETAN BAKAR BANDUNG

Bahan Ketan  Bakar :

250 gr Beras Ketan Putih (rendam selama 2 jam)
1/2 sdt Garam
75 ml Santan Kental (aku pakai santan kental instan)
1 lb Daun Pandan
100 gr Kelapa Parut


Bahan Sambal Oncom :

75 gr Oncom, hancurkan.
Gula secukupnya
Penyedap rasa (jika suka)
2 sdm  Minyak goreng untuk menumis
300 ml  Air

Bumbu halus :
2 ruas Kencur
3 bh Cabe Rawit (boleh ditambah, jika suka pedas)
1 bh Cabe Merah
Garam secukupnya
Terasi (jika suka)

   
Cara membuat :
  1. Ketan bakar, kukus beras ketan yang sudah di rendam selama 20 menit.
  2. Didihkan santan, garam dan pandan.
  3. Masukkan beras ketan yang sudah dikukus ke dalam campuran santan, aduk rata biarkan hingga beras menyerap santannya.
  4. Masukkan kelapa parut, aduk rata.
  5. Kukus lagi selama kurang lebih 30 menit, hingga matang.
  6. Jika sudah matang, masukkan ketan ke loyang, yang sudah dioles tipis minyak goreng (supaya tidak menempel), padatkan, biarkan dingin.
  7. Potong, lalu bakar (akupakai teflon).
  8. Sambal oncom, tumis bumbu halus dengan minyak goreng, jika sudah wangi, masukan oncom yang sudah dihaluskan, aduk rata.
  9. Masukkan air, aduk rata, jika sudah mendidih, tambahkan gula, penyedap rasa, biarkan hingga air menyusut dan oncom masak. Angkat. (sambal oncom ini tidak kering, masih ada sedikit airnya)
Salam,
Ati Adam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar