Minggu, 17 Maret 2013

Lapis Jongkong


Lapis Jongkong adalah salah satu jajan tradisional Indonesia yang bikin aku penasaran karena susaaah sekali bagi aku untuk mendapatkan abu merangnya.
Tapi tadi pagi, asisten di rumah bilang, dia berhasil mendapatkan abu merang di pasar dekat rumah. Hayoo lah, kita niatkan bikin Jongkong.
Langsung aku timbang-timbang bahan dan menyiapkan segala sesuatunya.
Ketika semua sudah siap, tinggal menambahkan abu merang ke dalam adonan, aku kaget ketika yang disodorkan asisten adalah seperti abu gosok!!!! Weleeeeh.. Lemes deh..
Tapi masih tetep optimis. Mana tahu aku yang salah mengira. Semoga benar itu abu merang. Karena aku memang juga belum pernah lihat bagaimana penampakan abu merang itu yang sebenarnya. Aku coba larutkan dalam air. Sampai banyak, kok nggak hitam-hitam juga?? Hmmmm, nggak mau ambil resiko. Karena adonan sudah siap. Air di dandang juga sudah mendidih. Terpaksa abu merang aku gantikan dengan pewarna makanan hitam.
Dan karena bukan pewarna alami, aku tidak berani menggunakan terlalu banyak. Jadilah warna jongkongku tidak menarik. Sedih deh.. Padahal ngukusnya lumayan lama.
Tapi nggak apa-apa yaa, tetep aku setor/ laporkan. Suatu saat kalau ketemu abu merang yang bener (atau ada yang mau ngirim ke aku? Heheheh..) Pasti aku akan coba bikin lagi.

Lapis Jongkong

BAHAN-BAHAN:
350 gr tepung terigu
50 gr tepung sagu
300 gr gula pasir
1400 ml santan kental
1 sdt garam
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pewarna makanan hitam + 1/4 sdt vanilli bubuk
100 gr kelapa muda parut + 1/4 sdt garam

CARA MEMBUAT:
  1. Campurkan tepung beras + sagu + gula pasir + santan + garam. Aduk hingga rata dan gula larut
  2. Bagi adonan menjadi 2. Masing-masing diberi pasta pandan dan pewarna hitam + vanilli
  3. Panaskan loyang 20x20x7cm yang telah diolesi minyak goreng ke dalam kukusan yang sudah mendidih kurang lebih 5 menit
  4. Tuang adonan berwarna hijau sebanyak 100 ml lalu kukus selama 7 menit
  5. Tuang adonan berwarna hitam di atasnya sebanyak 100 ml lalu kukus selama 7 menit
  6. Demikian berselang seling hingga seluruh adonan habis
  7. Terakhir, tambahkan waktu mengukus selama 15 menit agar lebih tanak
  8. Potong Lapis Jongkong dengan pisau yang diolesi minyak goreng ketika sudah benar- benar dingin
  9. Hidangkan Lapis Jongkong dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan dibubuhi garam
Salam Lapis Jongkong,
Mrs. Ho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar