Minggu, 17 Maret 2013

Onde - Onde Ketawa






Sore trio TAH,
Ikutan setor Jajan Tradisional Indonesia Week lagi. Kali ini aku buat ONDE ONDE KETAWA. Resepnya aku dapat dari saji.

ONDE ONDE KETAWA

Bahan :
100ml air
175gr gula pasir
2sdm minyak grg
300gr tepung terigu
1/2st baking powder
1/4st soda kue
100gr wijen
Minyak utk menggoreng

Cara membuat:

  1. Didihkan air dan gula (aku tambahkan daun pandan) hingga gula larut. Dinginkan.
  2. Kocok telur dan minyak sampai rata. Masukan sirup gula sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
  3. Tambahkan terigu, baking powder dan soda kue sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Timbang 10gram, bentuk bulat. Lakukan smp habis ( aku gak timbang lsg ambil sesendok teh).
  5. Celupkan ke dalam air. ( Aku ga celupin) Gulingkan di wijen.
  6. Panaskan minyak goreng. Goreng onde onde hingga merekah dan matang


Tips :

  1. Api yg digunakan jgn terlalu panas supaya onde2 nya merekah sempurna.
  2. Setelah onde2 mengapung baru di putar2 dgn spatula kayu. Supaya matang n warna nya merata. Juga tidak membuat wijen lepas terlalu banyak.

Gurihnya wijen dan wanginya daun pandan. Bikin nyomot lagi nyomot lagi dan laaagggiiiii......

Salam ketawa,
Ade

Tidak ada komentar:

Posting Komentar