Minggu, 17 Maret 2013

Wedang Ronde





Wedang Ronde banyak di jumpai di kota Solo atau kota kota lain. Wedang Ronde yang aku buat ini untuk mengobati rasa kangen aku tuk pulang ke kudus kampung halaman Suami ku tercinta.Penjual wedang Ronde ini tempatnya di depan Pasar Kliwon Kudus. Biasanya kalau aku ke kudus pasti aku sempatin mampir  kesana.
Wedang Ronde ini rasanya manis plus hangat di tambah dengan harum nya kayu manis dan isi di dalam bulatan ronde yang bikin greget hmmm mantap hehe... Resep ini aku tulis berdasarkan masa lalu yang penuh kenangan mama ku tercinta yang pintar masak. Aku bangga sekali dengan mama ku karena dia yang menjadi inspirasiku. Dalam rangka memeriahkan Jajanan Pasar Tradisional ini aku bisa menuangkan kenangan yang ada dalam hidup aku hmmm koq jadi curhatan yah ....
Yang mau anget anget di musim hujan bisa coba nih resep yang paling mudah silakan tengok....

Wedang Ronde
 
Bahan bulatan ronde :
500 gr Tepung Ketan
50 gr kacang sangrai tumbuk
50 gr gula pasir
1.5 sendok makan teung tapioka ( tambahan)
150 ml air hangat
pewarna makanan
sedikit garam

Bahan wedang :
10 cm Jahe, memarkan.
2 batang Sereh , memarkan.
2 lembar daun pandan
Air 1 lt.
300 gr gula pasir ( tambahkan sesuai selera)

Cara membuat:
 
Bulatan Ronde:
  1. Tepung ketan, tepung kanji dan sedikit garam diberi air hangat sedikit demi sedikit, uleni sampai adonan dapat dibentuk. Bagi adonan tiga bagian dan beri warna yang berbeda. Ambil sedikit adonan pipihkan dan isi dengan campuran kacang tumbuk dan gula, lalu bulatkan sebesar kelereng. 
  2. Didihkan air di panci, masukan bulatan2 kedalam panci.., setelah mengapung angkat, sisihkan.

Air/Wedang Jahe:
  1. Masukan jahe, daun pandan, serai dan gula kedalam 1 liter air rebus sampai mendidih.
Penyajian:
Dalam mangkuk atau gelas, masukan bulatan Ronde, kolang kaling dan kacang , lalu tuang air/wedang jahe. Minum selagi hangat.

Salam Wedang Ronde,
Tahany Dewi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar