Minggu, 17 Maret 2013

Lepet Singkong Durian


Selamat hari Minggu host TAH dan teman-teman NCC,

Akhirnya kesampaian juga berpartisipasi untuk NCC week kali ini. Modal nekat saya dan MJ ke pasar tradisional disini. Awalnya saya takut untuk belanja di pasar karena, disini jarang ada yang bisa bahasa Inggris, di supermarket saja tidak ada yang bisa apalagi di pasar. Dengan bahasa Thailand sebisanya saya pergi juga ke pasar.

Yang saya cari pertama adalah singkong, sudah keliling sana sini dan bermodalkan bahasa Thailand yang minim. Akhirnya saya ketemu stall yang menjual umbi-umbian, puji Tuhan. Selanjutnya daun pisang, gampang dapat nya. Kelapa dapat juga tapiiiii.. masih bentuk utuh dengan batok kelapanya juga hahaha. Mau minta dibuka batok nya, aku mboh ngartos ngomongne, bingung akhirnya pakai bahasa tubuh hahaha. Kelapanya benar-benar kelapa muda dan saya sendiri akhirnya yang parut dirumah dengan parutan kelapa sini (seperti parutan yang untuk es kelapa muda), plus saya cincang dengan pisau agar halus. Pas mau pulang saya lihat ada durian, langsung kepikiran untuk memodifikasi Lepet ini dengan durian. Yo wis cukup cerita nya ini langsung resepnya ya yang saya dapat dari website Santapan Nusantara.

Lepet Singkong Durian dengan sedikit modifikasi saya:

Bahan2:
1 kg singkong (singkong disini segede bogem hahaha, sampai pisau saya gak cukup motongnya)
1 butir kelapa muda, parut
1/2 kg gula merah (gula merah saya bawa dari Jakarta)
Durian secukupnya
Daun pandan
Daun pisang

Cara membuat:
1. Parut singkong
2. Campur singkong dengan kelapa muda, gula merah dan durian
3. Bungkus dengan daun pisang dan taruh daun pandan sebagai hiasan
4. Kukus selama kurang lebih 30 menit
5. Sajikan selagi hangat

Dan hasilnya mantap, enak tenan, gak nyesel capek-capek ke pasar sini untuk belanja bahan-bahan. Gak sabaran untuk dapet logo JTIW.

Selamat mencoba dan maaf ya kalau kepanjangan (^_^)


Salam Lepet pet pet,
Amanda Kusumo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar