Senin, 15 April 2013

Apem Betawi Gula Merah


Hai Trio TAH yang baik hati...:), menjelang detik-detik penutupan akhirnya saya bela-belain kirim email laporan saya, padahal bikinnya dari seminggu setelah ada ROTG, tapi karena foto belum di watermark, dan di resize, jadi tundaaa terus.

Langsung aja ya laporan saya, waktu kecil suka banget jajanan pasar yang satu ini yaitu kue apem, di cocol (colek) pake kelapa makan nya..wahhh sedap banget

Resep nya ngambil dari erwin Kuditawati (klub nova).

Kue Apem gula merah

Bahan:
275 ml air kelapa
200 gr gula merah, iris halus
½ sdt garam
2 lbr daun pandan, simpulkan
225 gr tepung beras
250 ml santan dari ½ butir kelapa
100 gr tepung terigu
6 gr ragi instan
½ sdt bumbu spekuk (skip)
1 sdt baking powder (skip)

Cara membuat:

1.       Didihkan air kelapa, masukkan gula merah, garam, dan daun pandan. Angkat, saring, dan dinginkan.
2.       Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk dengan tangan hingga tercampur rata, dinginkan.
3.       Masukkan santan, tepung terigu, ragi instan, bumbu spekuk, dan baking powder, uleni sambil diaduk-aduk selama 15 menit. Diamkan adonan selama 40 menit atau hingga adonan mengembang.
4.       Siapkan loyang cetakan, olesi minyak goreng. Panaskan cetakan dalam kukusan selama 5 menit.
5.       Tuang adonan ke dalam cetakan, lalu kukus selama 30 menit atau hingga kue matang.

Tips: 6 gr ragi instan setara dengan 1½ sdt ragi instan.


Terima kasih Trio TAH, semoga saya bisa dapat Badge yang keren itu ....hehehe...:)

Regards,
Neela Lie


4 komentar:

  1. Mau coba bikin,tapi bisa ga mbak kalau tidak pakai air kelapa?atau ada pengganti dari air kelapa tersebut?.terima kasih dan salam kenal.

    BalasHapus
  2. Mau coba bikin,tapi bisa ga mbak kalau tidak pakai air kelapa?atau ada pengganti dari air kelapa tersebut?.terima kasih dan salam kenal.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus