Senin, 15 April 2013

Serabi Pandan


Serabi pandan...resepnya saya ambil dari tabloid saji edisi 264 yang sudah saya modifikasi sesuai bahan yang ada karena bikinnya pas lagi kepingin memperdayakan pan yang ada ...

Serabi Pandan

Bahan: 600 ml santan dr 1 butir kelapa (saya pakai 300 ml sun kara ditambah air 300 ml)
            300 gr tepung terigu protein sedang
            1/2 sdt garam
            25 gr gula pasir
            25 air suji, dari 15 lbr daun suji dan 2 lbr daun pandan (saya pakai pasta pandan)
            1 1/2 sdt baking powder
            1 btr telur ayam, kocok lepas

bahan saus: 500 ml santan dari 1 btr kelapa
                   75 gr gula pasir (saya pakai gula merah)
                    2 lbr daun pandan simpulkan
                    1 sdt maizena larutkan dgn 1 sdt air

Cara membuat:
1.      Panaskan cetakan serabi tanah liat saya pake cetakan pan buat martabak mini
2.      Serabi: rebus santan sampai diaduk hingga mendidih biarkan hingga hangat
3.      Aduk rata tepung, garam dan gula pasir, dan telur. Masukan air daun suji dan santan sedikit demi sedikit sambil dikeplok selama 20 menit hingga santan habis.
4.      Diamkan 30 menit lalu masukan baking powder
5.      Tuang dalam cetakan serabi, biarkan berlubang kecilkan api, dan tutup biarkan hingga matang. Angkat
6.      Saus: rebus santan, gula pasir, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup. Angkat
7.      Sajikan serabi bersama sausnya
Dan hasilnya ternyata suami dan anak-anak suka...jajanan tradisional memang tak lekang oleh jaman....Terima kasih moderator..

Salam,
Arik Handayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar