Senin, 15 April 2013

Kue Lontar (Egg Tart)


Alo host,kali ini aq mo laporan egg tart ato kue lontar khas bali setahu aq yah.. Resepnya aq dapat dari milis ini juga,dari mba windy chiya bear(makasih yah mba buat sharing resepnya). Pie ini jarang aq bikin tapi kalo bikin anak ceweku demen banget apalagi kalo dimakan setelah taruh dikulkas,wuih enak banget,sampai2 bojoku juga ikutan doyan padahal dy orangnya ga gitu doyan ngemil,hehehe
Nah ini dy resepnya yah...

Egg Tart / Tart Susu / Kue Lontar

Bahan kulit:
200 Gram Mentega
500 gram Tepung Terigu
1 Butir Putih Telur
*saya tambahin 1 sdm susu bubuk full cream biar wangi

Taroh terigu di wadahnya, bolongin tengahnya lalu tuang putih telurnya. Masukkan mentega dan buat adonan sampe tidak lengket ditangan dan enak dibentuk. Jika terlalu keras bisa ditambah menteganya. Jika terlalu lembek bisa ditambah tepungnya. Bentuk kulitnya di loyangnya. Siap diisi dan di oven.

Bahan Isi:

14 Butir Telur utuh

1 Butir Kuning Telur

1 Mangkok Gula Pasir (Saya keturunan diabet, ga boleh kemanisan, maka saya kasi 1/2 mangkok aja)

1.5 Mangkok air matang

1 klg SKM

Daun pandan

Cara Membuat:
Masukkan semua telur ke satu mangkok untuk dijadikan patokan takaran. Kemudian dengan menggunakan mangkok yang sama, takarlah gula dan air matangnya seperti di resep. Masak air, gula dan daun pandan hingga mendidih dan wangi pandan tercium. Campurkan SKM dan Telur di wadah terpisah. Setelah air gula dingin, tuangkan ke wadah telur dan SKM. Saring saring hingga tercampur rata, larut, dan halus. Siap di panggang.

Tuang adonan isi ke dalam loyang yang sudah dicetak kulitnya. Panggang dengan api paling kecil. Kalo apinya kebesaran hasilnya tidak sempurna. Isinya akan mengembung di oven dan akan mengempes di luar bahkan isinya akan meluap dan akhirnya tumpah.

Selamat Mencoba!
Salam Hangat,
Yovina
AnyoluvCake ~ Always Baking With Heart ~

1 komentar: