Selasa, 26 Maret 2013

Apem Kukus


Selamat sore nyonyahh host trio manis manja TAH, daku mau setor ahh, udah dari taun jebot ga pernah ikutan week-weekan niyy.. boleee yaaa..

Kebetulan aku penasaran banget sama yg namanya Apem Kukus, 3 resep yg sebelumnya kucoba bantet semua, dan kali ini berhasilll, bisa bolong-bolong tuh penampakannya, senangnya hatiku.. dan dari beberapa versi apem yg beredar di pasar, apem kukus yg di resep ini yg memang ku cari, jaman kecil dulu di rawabambu pasar minggu ada mpok-mpok betawi yg jual seperti ini dan aku suka banget. Lama ga ketemu niy kue baru ketemu lagi pas jalan ke Belitong tahun 2006, disana dibilangnya kue apam, sama modelnya, dibuat di loyang besar dan dipotong-2 dijualnya. Nikmehh banget naik perahu keliling pulau kecil di Belitong yg indah sambil nyemilin kue apem kukus ini dicocol kelapa parut, angin sepoi dan goyangan ombaknya bikin si kue berasa makin legit saat digigit :D . Entah asal kue ini dari mana sebenarnya, kata Pak Wisnu dan diconfirm juga oleh Ibuku, di Jogja jaman dulu kue apem kukus seperti ini berwarna putih atau merah, dikukus di loyang kotak dan dijual dalam bentuk potongan jajaran genjang dan bernama Apem Domba. Kok bisa domba yaa? Entahlah, tapi yg penting domba yg satu ini low cholesterol yaa..

APEM KUKUS
(Jogja - Betawi - Belitong ;p)

BAHAN :
150 gr tape singkong yang manis, buang seratnya
150 gr gula merah, sisir halus
200 cc air kelapa
225 cc santan kental
250 gr tepung beras
2 lembar daun pandan, diikat
(aku tambahin 2 sdm gula pasir + 1/2 sdt bubuk kayu manis, dan kelapa parut yg dikukus diberi garam sedikit untuk cocolan or taburannya)

CARA MEMBUAT :
  • Tape singkong diremas-remas sampai halus.
  • Campur gula merah dengan tape yang telah dihaluskan dan air kelapa, aduk rata sampai halus, lalu saring.
  • Siapkan tepung beras dalam wadah, tuangi dengan air tape sedikit demi sedikit sampai kalis sambil ditepuk-tepuk kurang lebih
    selama 20 menit. Tambahkan dengan santan dan diamkan selama 12 jam pada suhu yang hangat. (pas aku buat adonan Sabtu malam di Depok lagi hujan terus, tapi tetap jadi kok
  • Panaskan panci pengukus. Siapkan loyang berukuran 18 x 18 cm, olesi dengan minyak goreng. Tuangkan adonan dalam loyang dan kukus --- (karena aku terobsesi dengan bentuk potongan kue apem ala mpok pasarminggu dan apam ala belitong yg menggunakan loyang tulban jadi aku pakai loyang tulban).
    Kukus kurleb 30menit sampai matang, angkat, dinginkan.Potong kue sesuai selera.

Salam cinta kue nusantara :)

Puspita - Depok
(baru pindahan dari multiply, masih berantakan blognya hihihi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar