Selasa, 26 Maret 2013

Mendut




 
Trio TAH yang terkasih, ini yang ke 16....
*hosh... mulai kehabisan resep, qiqiqi
 
Kali ini saya membuat Mendut, untuk pertama kalinya juga. Rasanya enak, mirip dengan kelepon atau kue bugis.
saya lihat resep putri mandi koq mirip sekali dengan mendut ini ya?
Yah, yang penting enak rasanya ya, hihihi...
Berikut resepnya, semoga berkenan yaaa...

MENDUT (Primarasa Kue Basah)

250 gr tepung ketan
50 gr tepung kanji
½ sdt garam
225 ml air (saya secukupnya aja sampai bisa dipulung)
3 tetes pewarna merah
3 tetes pewarna hijau (pake pasta pandan)
3 lbr daun pandan, potong ukuran 4 cm
Daun pisang untuk membungkus
 
Isi
½ btr kelapa agak muda, parut memanjang
150 gr gula merah, iris halus
100 ml air
½ sdt garam
1 lembar daun pandan, potong2
 
450 ml santan dari ½ butir kelapa
1½ sdn tepung beras
1½ sdt garam
 
Cara membuat:
  1. Isi : campur kelapa, gula, air, garam dan pandan. Masak dan aduk sampai airnya mongering, angkat. Setelah dingin, bagi 15, bentuk bulat sebesar kelereng. (saya kira2 aja ga dibagi 15). Kuah: aduk santan, tepung beras dan garam , masak hingga mendidih dan agak kental. Angkat sisihkan
  2. Campur tepung ketan, tepung kanji, garam. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dibentuk. Bagi  3 adonan. Campur sebagian dengan pewarna merah, sebagian dengan pewarna hijau, sebagian lagi biarkan putih
  3. Didihkan air dalam dandang. Ambil 1 sdt adonan, tipiskan hingga setebal ½ cm. taruh bulatan isi. Tutup dan bentuk bulat
  4. Ambil selembar daun pisang, taruh daun pandan, masing2 warna 1 bulatan. Tambahkan kuah santan. Bungkus membentuk tum, sematkan. Kukus ± 45 menit. Angkat. (karena tum bikinan saya jelek, saya pindahkan ke takir, hehehe…)
Salam,
Intan Permatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar