Selasa, 26 Maret 2013

Kambeong


Ikut setor lagi yah.. Kali ini adalah makanan khas dari sulawesi barat daerah asal orangtua saya.

Dulu pertama kali buat dengan resep kira kira, karena sering banget dapat kiriman sagu dan gula merah dari nenek dikampung. Mama dan Almarhum bapak saya suka sekali jajanan ini, apalagi kalo saya yang buat :D  #GR

Setelah bertahun2 gak pernah buat, hari ini saya bernostalgia kembali sambil mengingat almarhum bapak, dan kebetulan mama lagi berkunjung jadi niat bgt buatin cemilan sore2

Cemilan ini gampang buatnya dan alhamdulillah batita saya bolak balik dapur nyomot kue ini :D

Langsung aja Berikut resepnya KAMBEONG ala idarosa :

Bahan
250 gram sagu
200 gram gula merah
300 ml air (untuk merebus gula)
3 lembar daun pandan, simpulkan
1/2 buah kelapa parut
1 buah kelapa muda serut memanjang
Sejumput garam
Minyak sayur secukupnya

Cara membuat:
  1. Rendam sagu sambil dihaluskan (disaring bila perlu), buang air bagian atas (sagu akan mengendap) lakukan beberapa kali hingga air rendaman berwarna bening
  2. Kukus kelapa parut tambahkan garam aduk rata,sisihkan
  3. Rebus gula merah dengan daun pandan hingga gula meleleh, saring kedalam rendaman sagu, aduk rata.
  4. Masak campuran sagu dan gula merah dengan api kecil sambil diaduk terus menerus gunakan sendok kayu tambahkan serutan kelapa muda masak hingga sagu mengeras, bila telah mengeras tambahkan sedikit minyak, aduk rata, masukkan kedalam loyang yg sudah dioles minyak sayur, dinginkan
  5. Potong2 sagu, bulirkan diatas kelapa parut, tata diatas piring saji

Selamat mencoba

Salam JTIW
Idarosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar