Kamis, 21 Maret 2013

Bubur Sumsum Pisang




Dear trio host JTIW, setoran kedua saya kali ini bubur sumsum.
Bubur sumsum banyak kita jumpai di jawa. Hampir di setiap pasar tradisional pasti ada yang jual. Biasanya disajikan dengan sirup gula merah dan guyuran santan.
Dulu saat saya masih kecil, di Kediri, Jawa Timur tempat lahir saya dan tempat saya menghabiskan masa kecil, bubur ini sering saya jumpai. Disajikan dengan kuah kolak atau dengan campuran dawet, ketan hitam dan grendul kemudian disiram dengan santan dan sirup gula. Waktu itu hanya dengan uang 500 rupiah saja sudah dapat satu mangkuk bubur sumsm ini.
Tapi bubur sumsum saya kali ini hanya saya sajikan dengan sirup gula dengan campuran pisang.
Resep saya ambil dari tabloid saji edisi 242
 
BUBUR SUMSUM PISANG
Untuk 10 porsi
 
Bahan:
  • 3 buah pisang tanduk, dikukus, dipotong-potong
Bahan sumsum:
  • 200 gram tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 1500 ml santan dari 1 butir kelapa
Sirup gula merah:
  • 350 gram gula merah, disisir halus
  • 500 ml air
  • 3 lembar daun pandan
  • ¼ sdt garam
Cara membuat:
  1. Sirup gula merah, rebus gula merah, air, daun pandan, dan garam sampai mendidih dan mengental. Sisihkan
  2. Bubur sumsum, masak tepung beras, garam, daun pandan, dan santan sambil diaduk hingga meletup-letup
  3. Tuang bubur sumsum dalam mangkuk. Tata pisang di atasnya. Siramkan sirup gula

Kesan saya setelah menyatapnya adalah…kenyang…adanya tambahan pisang membuat bubur sumsum ini semakin nikmat untuk disantap, apalagi saat hujan.

Salam Jajanan Tradisional Indonesia,
Wiwik Wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar