Kamis, 21 Maret 2013

Wajik Beras Ketan

Hai ..hai.. Trio TAH,

Mau laporan yang ke 2 nih, kali ini saya buat Wajik. Dulu waktu saya ikut suami tugas di Jepang, pas acara ngumpul2 saya cobain salah satu makanan yg dibawa teman yaitu wajik. Wajik nya enak sekali, gurih, dan manis nya pas. Pulang ke jakarta, kalau saya pergi ke pasar saya selalu cari cemilan yang satu ini. Dan kebetulan ada event jajanan tradisional, liat mbak Frederika laporan wajik, gak sabar pengen buat cemilan ini. Resep saya pakai resep dari Mbak Frederika, gampang banget buatnya (Thanks mbak untuk resepnya).

Wajik Beras Ketan

Bahan :

500 gr beras ketan putih
350 ml santan dari 1 butir kelapa
200 gr gula jawa, sisir halus
3 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

Cara membuat ;

1. Rendam beras ketan putih selama 1 jam.
2. Lalu kukus hingga matang, Angkat dan dinginkan.
3. Masak santan, gula merah, daun pandan dan garam hingga mendidih dan gula larut.
4. Masukkan beras ketan ke dalam santan, aduk rata hingga santan meresap.
5. Tuang ke loyang uk. 18x18 yang sudah dialasi plastik, tekan-tekan dan padatkan.
6. Potong setelah wajik dingin.


Terima kasih.
Tia Pamela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar