Kamis, 21 Maret 2013

Jongkong Sela





Dear Trio Host TAH dan NCCers semuwahhhh ....
Jadi ketagihan setor nih. Ini setoranku yang kedua ya. Mumpung di rumah penghuninya lengkap, karena biasanya anak sulung khan ada di pesantren, sekarang sedang ada di rumah, perawatan karena sakit. Nah....emaknya ini pengen bikin jajanan buat perbaikan gizinya hehheee.
Tadi pagi belanja ke pasar di kompleks perumahan, pengen beli ketela pohon, lha koq gak ada yang jual, yang ada ubi. Ya udah lah dibeli aja itu ubi.
Selesai masak buat makan siang trus mandi, badan segerrrr. Buka grup bb sambil tanya-tanya kira-kira ubi ini enaknya dibuat apaan. Usulan macem-macem, tapi rasanya udah pernah nyobain semua. Pengen bikin jajanan yang belum pernah dirasakan. Kembali deh buka buku resep yang tebel kemarin. Ketemulah resep jajanan dari Bali ini. Ahhh....gak usah nunggu lama-lama, langsung dieksekusi aja. Dannn....taraaaa, pas udah mateng warnanya jadi cantik banget, karena dapetnya ternyata ubi kuning, tapi warnanya orange deh menurut aku, mana yang bener yaaa, malah jadi bingung sendiri hihihihi.
Ubi kalau dicampur tepung beras jadi agak berubah teksturnya, lebih padat/kesat. Saya malah lebih suka karena pada dasarnya gak begitu suka sama ubi karena biasanya lembek. Rasanya sih mirip-mirip gethuk telo kalau menurut saya, tapi saya lebih memilih Jongkong Sela ini daripada Gethuk. Kalau di daerah lain apa ya namanya jajanan ini?
Nah biar gak penasaran, ini dia resepnya :

JONGKONG SELA
(Bali)

Bahan :
1 kg Ubi jalar
1 gelas / 125 gram Tepung beras
1/4 butir Kelapa, parut
250 gram Gula merah ( J : 100 gram ), disisir
Daun pisang secukupnya

Cara membuat :

  1. Kukus ubi, kupas dan haluskan. 
  2. Campur tepung beras, kelapa parut dan ubi menjadi satu. 
  3. Bungkus adonan dengan daun pisang, isi dengan irisan gula merah, lalu kukus hingga matang. Bentuk menjadi segitiga. ( kukus +/- 15 menit )
  4. Siap dihidangkan.

Salam hangat,
~ J ~
BB   : 30D90D2A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar