Kamis, 21 Maret 2013

Kue Cucur







Dear Host NCC-JITW,
 
Suatu tantangan bagi saya membuat jajanan tradisional Indonesia karena saya sama sekali belum pernah membuat. Sebenarnya saya agak malas ikut tantangan ini karena menurut saya membuat jajanan tradisional itu sulit, terutama mencari bahan-bahannya yang agak sulit ditemui plus beberapa yang membutuhkan peralatan khusus. Tapi karena teman baik saya selalu mengatakan bahwa membuat jajanan tradisional itu mudah, maka dengan tekad bulat saya harus bisa membuatnya :-)
 
Yang saya pikirkan pertama kali adalah mencari bahan yang mudah didapat dan mudah membuatnya, hehe. Ketemulah resep Kue Cucur dari Sedap Sekejap. Kebetulan saya memang suka kue cucur. Biasanya setiap ketemu jajanan tradisional, saya selalu mencari kue cucur. Menurut beberapa sumber yang saya baca, Kue Cucur ini berasal dari Betawi. Tapi saya lahirnya di ujung pelosok Jawa Timur, kue ini juga sudah ada sejak jaman nenek saya. Mereke menyebutnya Kue Kucur. Rasanya gurih dan manis. Membuatnyapun tak sesulit yang dibayangkan :-)
 
KUE CUCUR
Sumber: Sedap Sekejap
 
Bahan :
230 ml air
125 gr gula merah
2 lembar daun pandan
125 gr tepung beras
30 gr terigu protein sedang
1/4 sdt garam
 
Cara Membuat:
  1. Didihkan air, gula merah dan daun pandan hingga mendidih. Saring 250 ml. Biarkan hangat.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu dan garam. Aduk rata.
  3. Tuang larutan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dikeplok-keplok dengan whisker selama 30 menit sampai larutan gula. Diamkan 40 menit.
  4. Panaskan 4 sdm minyak dalam wajan cekung kecil. Tuang adonan cucur. Siram-siram dengan sutil sampai adonan berserat.
  5. Tusuk bagian tengahnya dengan lidi sambil diputar-putar. Balik sebentar. Angkat

Salam,

Sheilla
http://etalase-kaza.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar