Kamis, 21 Maret 2013

Manisan Kolang - Kaling







Selamat pagi Trio TAH yang manis2...
 
Mau setoran ketiga nih yaa..
Dulu waktu kecil seneng banget sama Manisan Kolang-kaling ini. Kalau diajak ke pasar sama Mamaku, pasti mintanya dibeliin manisan kolang kaling yang ditusuk pake tusukan, jadi dibilangnya Sate Kolang-kaling. Sampai sekarang, paling seneng kalau diajak bertamu ke rumah Pakdeku di daerah Klender sana. Karena biasanya kita bakal disuguhin manisan Kolang kaling ukuran jumbo dan enak banget rasanya. Lama-lama jadi penasaran pengen bikin. Tapi berhubung kemaren cari kolang-kaling ukuran jumbo di pasar ga ada, akhirnya Kolang-kaling ukuran sedangpun langsung dieksekusi. Tusukan sate pun lupa ga kebeli..jadi gagal dibentuk Sate Kolang-kaling. Dibikin manisan biasa saja…yang penting kan rasanya yaa….Maaf..fotonya overkuota dikiit..
 
Manisan Kolang - Kaling 

Bahan :
1 kg manisan kolang-kaling
300 gr gula pasir (sesuai selera )
4 lembar daun jeruk/daun Pandan ( yang aku pakai daun Jeruk)
3 lembar daun bambu/ air bilasan beras ( untuk merendam kolang-kaling supaya bening warnanya) (aku pakai daun bambu)
Air  ( kemarin ga pakai ukuran, pokoknya sampai kolang-kaling kerendam semua aja )
 
Cara memasak
  1. Cuci kolang kaling sampai bersih. Letakkan daun bambu sambil direndam air. Kalau tidak ada daun bambu bisa pakai air cucian beras direndamnya. Diamkan semalaman. Katanya sih cara ini untuk bikin si kolang kaling jadi bening dan bersih.
  2. Cuci kembali kolang kaling sampai bersih. Lalu direbus dengan air. Setelah air mendidih, buang air rebusan pertama, supaya kolang kaling tidak berbau langu ( bahasa Indonesianya apa yaa??)
  3. Dicuci lagi, lalu direbus lagi dengan air yang bersih, sambil dimasukkan gula, dan daun jeruk/daun pandan, beri pewarna sesuai selera.
  4. Dimasak, sampai air rebusan berkurang dan mengental. Hati-hati jangan sampai gosong.
  5. Dinginkan dalam kulkas..Hidangkan..
Selamat mencoba…

Salam,
Maria Rara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar