Kamis, 21 Maret 2013

Onde - Onde







Semangat pagiii… Abg mau setor nih. Pas banget ada JTIW, pas ada bahan onde pula dirumah. Gak perlu mikir lama dan bertanya sendiri mau bikin apa? Soalnya kebiasaan, kelamaan mikir malah jadi gak bikin apa-apa.
Akhirnya kesampaian juga ikutan nimbrung. Onde, jajanan yang biasa qu dibuat, udah gitu gak bikin aku pusing juga karna diresepnya gak pake telor,he. Soalnya lagi stress buat cake/apapun yang pake telor dalam jumlah banyak, apalagi menyisakan putih telur yang pada akhirnya numpuk dikulkas. Uupss, malah curhat.
Ini sumber resep asli dari blog nya yennicake.com yang udah qu modifikasi
 
Onde-Onde
Bahan kulit :
200 gr   tepung ketan
20 gr    tepung tapioka
1/2 sdt  garam
50 gr    gula pasir
225 ml  air hangat
75 gr    wijen
 
Bahan isi :
150 gr   kacang hijau kupas, rendam minimal 2 jam, kukus sampai benar-benar empuk
100 gr   gula pasir (selera)
1/2 sdt  garam
75 ml    santan
1 lbr     daun pandan
1/2 sdt vanili bubuk
 
 
Cara membuat :
Kulit : Campur lalu uleni semua bahan kulit (kecuali wijen) sampai licin dan bisa dibentuk.
Isi: Masak semua bahan sampai kering dan bisa dipulung, dinginkan. Ambil kira-kira 10 gr lalu bulatkan, sisihkan.
Penyelesaian : Ambil kira-kira 15 gr adonan kulit, isi dengan adonan isi.Bulatkan sampai rapat, hingga isi tertutupi adonan kulit semua. Kemudian celupkan ke air, lalu gulingkan ke wijen hingga rata. Goreng dengan api kecil sampai kecoklatan.
 
Tips menggoreng onde :
Yang harus diperhatikan dalam membuat onde itu pas menggorengnya (kalau aku), soalnya aku setiap menggoreng onde selalu bermasalah, entah onde nya meletuslah, gak mekar karena api kegedean, soalnya aku kalau bikin onde tuh gede-gede banget(biar cepet beres,he). Trus suka gak sabaran juga,ngerasa lama bgt ngegoreng tuh onde, hhee jangan ditiru. Belajar dari pengalaman udah gak bandel lagi, kalo goreng skrg selalu pake api kecil dan diaduk terus supaya gak gosong sebagian. Tapi kalau onde udah mekar dan mengambang biasanya qu gedein apinya  sedikit-dikit supaya cepat kecoklatan ondenya.
 
Salam onde manis,
layli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar